Koperasi Nusantara (Kopnus) meluncurkan aplikasi Kopnus Digi pada Rapat Kerja Nasional Koperasi Nusantara bertema Kopnus go Digital, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 29 Oktober 2019 (Foto:Dok.Kopnus)
Koperasi Nusantara (Kopnus) meluncurkan aplikasi Kopnus Digi pada Rapat Kerja Nasional Koperasi Nusantara bertema Kopnus go Digital, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 29 Oktober 2019 (Foto:Dok.Kopnus)

Transaksi Anggota Koperasi Mulai Beralih ke Digital

Ekonomi koperasi Koperasi Nusantara
Rosa Anggreati • 30 Oktober 2019 19:46
Jakarta: Seiring perkembangan teknologi, masyarakat mulai beralih menggunakan pembayaran digital dan perlahan meninggalkan sistem pembayaran konvensional. Termasuk dalam hal transaksi keuangan anggota koperasi.
 
Koperasi Nusantara (Kopnus) misalnya. Kopnus melakukan terobosan dengan memperkenalkan aplikasi Kopnus Digi.
 
Kopnus Digi merupakan layanan keuangan digital berbasis koperasi milik Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nusantara yang diawasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Dengan mengusung tagline Live More, Easy Life, Kopnus Digi menjadi platform yang menghadirkan kemudahan, kecepatan, keamanan, dan transparansi dalam bertransaksi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diharapkan dengan adanya Kopnus Digi akan memudahkan pengguna maupun pelaku usaha dalam melakukan transaksi keuangan di mana saja dan kapan saja melalui perangkat mobile atau gadget secara cepat dan aman," ucap Direktur Operasional Koperasi Nusantara Andi Wahyu Wibowo, pada acara peluncuran Kopnus Digi di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.
 
Melalui Kopnus Digi, anggota dapat melakukan pembukaan rekening Simpanan Harian, Simpanan Berjangka, setoran, penarikan, transfer, dan semua transaksi secara realtime.
 
"Anggota juga dapat mengecek info saldo serta mutasi simpanan, informasi pinjaman, pembelian, dan pembayaran tagihan dengan dukungan fitur yang mudah digunakan," kata Andi Wahyu.
 
Aplikasi Kopnus Digi dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore. Fitur di dalamnya, antara lain Simpanan Harian (My Saving), Simpanan Berjangka (My Depo), My Pay atau layanan pembelian (My Commerce) dan layanan pembayaran (My Payment) yang dilengkapi dengan kode QR (Quick Response), Menu Informasi Instan, Virtual Account & Merchant, Menu Promo, dan menu lainnya.
 
Transaksi Anggota Koperasi Mulai Beralih ke Digital
Project Manager Kopnus Joshua, Funding Development Kopnus Abdul Kholiq, Direktur Operasional Kopnus Andi Wahyu Wibowo, Head of Digital Product Kopnus Andis Sugilar, dan Landing Development Kopnus Fakhran (Foto:Dok.Kopnus)
 

Kehadiran aplikasi Kopnus Digi diharapkan dapat mengubah kebiasaan anggota koperasi dari menggunakan sistem pembayaran konvensional menjadi sistem digital.
 
"Kopnus tidak mau hanya menjadi penonton. Kita juga ingin menjadi pemain utama di ekonomi digital. Kopnus Digi bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengembangkan ekonominya. Lebih tepatnya, aplikasi ini merupakan mobile banking untuk anggota koperasi kita," ucap Andi.
 
Koperasi Nusantara saat ini memiliki 500 ribu anggota di seluruh Indonesia dengan total dana yang dihimpun (funding) secara keseluruhan mencapai Rp1 triliun, dan dana yang disalurkan sebagai pinjaman kepada anggota (lending) sekitar Rp3 triliun.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif