Ilustrasi. Foto : MI/PIUS ERLANGGA.
Ilustrasi. Foto : MI/PIUS ERLANGGA.

Monopoli Proyek Infrastruktur oleh BUMN Bikin NPL Perbankan Naik

Ekonomi perbankan
Annisa ayu artanti • 04 November 2019 21:41
Jakarta: Wakil Ketua Umum V Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia atau Gapensi La Ode Saiful Akbar menyebutkan salah satu penyebab terjadinya peningkatan kredit macet atau rasio non-performing loan (NPL) adalah penguasaan proyek-proyek infrastruktur oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
 
Ia mengatakan penguasaan proyek oleh BUMN dan anak serta cucunya menjadi masalah karena dinilai sebagai monopoli, yang berdampak pada penghentian operasi pengusaha konstruksi swasta. Berdasarkan catatannya, per Agustus 2019 NPL di sektor konstruksi naik menjadi 2,6 persen.
 
"Ada satu masalah yang jadi fundamental di kontruksi, problemnya adalah pekerjaan konstruksi itu dikuasai bumn, tidak dicapai pengusaha-pengusaha swasta," kata La Ode di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 4 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, ia pun mengaku, pengerjaan proyek infrastruktur sudah ada aturannya yaitu BUMN berhak menggarap proyek-proyek infrastruktur dengan nilai lebih dari Rp100 miliar. Namun kerap kali proyek-proyek yang nilainya dibawah Rp100 miliar juga digarap oleh BUMN, atas nama anak usaha dan cucu usaha.
 
Hal ini lah yang menurut La Ode membuat kesulitan pengusaha swasta masuk untuk menggarap infrastruktur Tanah Air. Jika ingin masuk ke dalam proyek tersebut, biasanya pengusaha swasta harus berkolaborasi dengan BUMN atau menjadi sub kontraktor pada proyek yang digarap BUMN.
 
"Apabila berkolaborasi, masih ada kendala seperti keterlambatan pembayaran. Pembayaran BUMN paling cepat tiga bulan, syukur-syukur, kadang enam bulan," ungkap dia.
 
Dari situ, kata La Ode, penyebab tingkat kredit macet di kalangan swasta bermula. "Kita pengusaha swasta yang meminjam ke bank, pembayaran jadi lambat, berdampaklah pada peningkatan NPL," tukas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif