Garuda Tetap Operasikan Boeing 737 Max-8
Garuda Indonesia. MI/Angga Yuniar.
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan Garuda Indonesia tetap mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737 Max-8.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan setiap pengoperasian pesawat yang terpenting sudah dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Gunanya untuk mengetahui apakah pesawat tersebut memenuhi kelayakan untuk dioperasikan atau tidak.

"Yang penting sudah dicek atau tidak," kata Rini singkat di Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Sementara itu Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan Garuda Indonesia memiliki satu pesawat jenis Boeing 737 Max-8.

Dia bilang pesawat tersebut pun sudah dilaporkan ke Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sebagai otoritas terkait. Dari laporan tersebut menurutnya tidak ada sesuatu yang  menyimpang atau ketidakberesan pada pesawat boeing milik Garuda Indonesia.

"Sudah  diinspeksi tidak ada irregularity-nya (ketidakberesan),"' jelas Gatot.

Sebelumnya pascajatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP JT610 di Perairan Karawang, Kemenhub langsung mengecek pesawat jenis Boeing 737 Max-8.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Capt Avirianto mengatakan lima dari 11 pesawat tipe Boeing 737 Max-8 yang beroperasi di Indonesia layak beroperasi.

"Empat pesawat Lion Air dan satu pesawat Garuda Indonesia sudah aman. Terus sisanya tinggal enam kita lakukan terus," kata Capt Avirianto kepada Medcom.id, Rabu, 31 Oktober 2018.




(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id