Penumpang kapal laut/MI/Grandyos Zafna.
Penumpang kapal laut/MI/Grandyos Zafna.

Urai Kepadatan di Laut, Kemenhub Wacanakan Short Sea Shipping

Ekonomi transportasi laut
Mufti Sholih • 11 Desember 2014 12:27
medcom.id, Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mewacanakan pembukaan jalur short sea shipping. Jalur itu direncanakan dibuka di Pantai Utara Pulau Jawa pada Januari tahun depan.
 
"Short sea shipping itu di Pantura untuk mengurangi kepadatan dan menekan konsumsi BBM moda angkutan barang,” ujar Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit saat ditemui di Kantor Kementeri Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014).
 
Menurut Bobby, Kemenhub sudah menyediakan sejumlah pelabuhan untuk tempat transit kapal yang mengangkut barang. Sarana ini tidak diperuntukan bagi peti kemas. “Ini hanya untuk barang kelontongan yang diikat,” jelas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bobby menjelaskan, pelabuhan yang akan digunakan untuk jalur ini ada di sejumlah tempat. Di antaranya di Pelabuhan Marunda Center untuk Jakarta, Pelabuhan Kendal untuk Kota Semarang, dan Pelabuhan Paciran untuk Kota Surabaya.
 
Adapun angkutan yang disediakan ada lima Kapal Ferrindo 5 (ASDP) dengan kapasitas 60 truk, 20 mobil (roda 4) dan 200 sepeda motor; Kapal KMP Jatra III (ASDP), dan Kapal ro-ro ukuran 5.000 GT hasil pembangunan Ditjen Perhubungan Darat.
 
(DOR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif