Danau Toba (FOTO: MI/Sumaryanto)
Danau Toba (FOTO: MI/Sumaryanto)

Pemerintah Beri Diskon Tarif Bus ke Danau Toba

Ekonomi pariwisata pariwisata indonesia
Annisa ayu artanti • 23 Juli 2019 08:49
Jakarta: Pemerintah akan memberikan insentif berupa subsidi tarif untuk transportasi darat menuju kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. Langkah itu diharapkan mendukung geliat industri pariwisata di wilayah setempat dan nantinya memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setyadi menyampaikan permberian subsidi ini guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke danau vulkanik terbesar di Indonesia tersebut
 
"Kita subsidi untuk kendaraan-kendaraan bus yang nanti akan layani masyarakat termasuk turis ke Danau Toba," kata Budi, di Kantor Kemenko Kemaritiman, Senin sore, 22 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menyebutkan untuk tahun ini pemerintah mengalokasikan subsidi hingga Rp2 miliar. Pemerintah juga telah menunjuk Perum Damri, untuk menyalurkan subsidi tersebut dengan pemotongan tarif di 15 rute.
 
"Kita hanya mendukung dananya saja. Dananya sekitar Rp2 miliar untuk satu tahun," sebut dia.
 
Selain itu, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Chandra Irawan menambahkan, untuk menarik pengunjung pemerintah akan membangun 12 dermaga di Danau Toba hingga 2020. Saat ini, dari 12 dermaga tersebut telah diselesaikan satu dermaga.
 
Adapun dana yang dialokasikan untuk pembangunan 12 dermaga tersebut sekitar Rp262 miliar. "Sampai 2020 sekitar Rp 262 miliar," pungkas dia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif