Ilustrasi - - Foto: Antara/ Sahrul Manda Tikupadang
Ilustrasi - - Foto: Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

Mengenal Kerja Sama Codeshare dalam Industri Penerbangan

Ekonomi bisnis maskapai garuda indonesia kementerian perhubungan Maskapai Asing
Nia Deviyana • 14 Juni 2019 19:38
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyarankan maskapai penerbangan untuk melakukan edukasi dan sosialisasi terkait industri penerbangan kepada masyarakat. Salah satunya terkait skema codeshare yang sempat membuat heboh lantaran China Airlines melayani penerbangan domestik Jakarta-Makassar.
 
"Penerbangan codeshare ini harus diinformasikan kepada penumpang dari mulai proses pemesanan tiket hingga pelaksanaan penerbangan, yaitu diumumkan dalam penerbangan," ujar
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti saat ditemui di kantor Kementerian Perhubungan, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Adapun penerbangan codeshare adalah salah satu cara untuk memaksimalkan layanan penerbangan, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dan domestik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara bisnis, codeshare merupakan perjanjian kerjasama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. Untuk penerbangan codeshare, masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama, namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut.
 
"Penerbangan codeshare memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai. Penerbangan codeshare dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik. Sebagai pelaksana penerbangan codeshare domestik haruslah perusahaan penerbangan nasional," terangnya.
 
Polana menjabarkan, maskapai asing yang bertindak sebagai pihak pemasar tiket disebut marketing carrier, sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi disebut operating carrier. Hal ini berlaku sebaliknya jika rutenya dibalik.
 
"Pelaksanaan penerbangan codeshare biasa dilakukan oleh airline dalam satu aliansi atau group. (Misalnya Sky Team, One World, dan Star Alliance). Garuda merupakan anggota dari Sky Team," tutur Polana.
 
Lebih lanjut, Polana menegaskan agar seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya dengan tetap mengutamakan tiga aspek utama yakni keselamatan, keamanan, dan pelayanan.
 
"Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama. Semuanya harus berkerjasama dalam menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman," tutup Polana.
 

 

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif