Head of Observer Ipsos Market Research Andi Sukma (Foto:MI/M Irfan)
Head of Observer Ipsos Market Research Andi Sukma (Foto:MI/M Irfan)

Mengenal Censydiam, Rahasia Riset Jitu Ipsos

Ekonomi Ipsos Indonesia
Rosa Anggreati • 27 Januari 2020 18:22
Jakarta: Ipsos Indonesia merupakan perusahaan riset pemasaran asal Prancis, Ipsos. Ipsos Indonesia telah melakukan banyak penelitian seputar aspek moneter, bisnis, pemasaran, pola penggunaan media massa, kebudayaan, hiburan, pariwisata, otomotif, dan ketenagakerjaan.
 
Dalam risetnya, Ipsos menggunakan metode Censydiam. Censydiam menjadi kebanggaan Ipsos karena hanya mereka yang memiliki metode tersebut.
 
Censydiam (Center for Systematic Diagnostics in Marketing) merupakan sebuah metode riset yang berusaha memahami kebutuhan manusia. Bukan memahami produk, merek, melainkan apa yang dibutuhkan manusia dari suatu kategori.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendekatan yang dilakukan Censydiam meliputi pendekatan social (vitality, power, recognition), dimension (enjoyment), personal (control), dan dimension (conviviality, belonging, security).
 
Beberapa manfaat penggunaan Censydiam ialah perencanaan sebuah merek tidak lagi terjadi dalam siklus 3-5 tahun, merek mengalami konteks perubahan cepat yang dinamis, dan perencanaan strategi merek harus siap merespons perubahan.
 
Dalam perkembangannya, Ipsos Indonesia menggunakan Censydiam untuk meriset sejumlah fenomena sosial dan ekonomi. Yang teranyar, Ipsos Indonesia menyelenggarakan Ipsos Marketing Summit 2020: Indonesia The Next Cashless Society di Jakarta, Rabu, 15 Januari. Pada acara tersebut Ipsos Indonesia memaparkan pola perilaku pengguna alat pembayaran digital (digital payment) di Indonesia.
 
Hasil riset Ipsos Indonesia ini menjadi bagian dari upaya mendukung cashless society di Indonesia dengan harapan dapat mendorong perkembangan pembayaran digital lebih berkembang ke depan nanti.
 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif