Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Pemerintah Manfaatkan Hannover Messe 2020 untuk Kampanye Sawit RI

Ekonomi minyak sawit kelapa sawit kementerian perindustrian
Eko Nordiansyah • 30 Oktober 2019 16:00
Jakarta: Pemerintah akan memanfaatkan pameran teknologi industri, Hannover Messe 2020, di Jerman sebagai kampanye produk sawit Indonesia. Apalagi selama ini produk kelapa sawit Indonesia mendapatkan perlakuan negatif oleh negara-negara Uni Eropa.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan promosi produk sawit dilakukan di samping fokus menarik investasi dan ekspor. Terlebih Indonesia akan menjadi negara mitra dalam ajang pameran di Jerman tersebut.
 
"Jadi kita akan gunakan juga sebagai platform kampanye di Eropa terkait dengan sustainibility kelapa sawit," kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kesempatan ini menjadi kesempatan terbaik untuk bernegosiasi soal sawit dengan Uni Eropa. Bahkan ajang Hannover Messe 2020 bisa membuat citra produk sawit Indonesia menjadi lebih positif lagi bagi negara-negara Eropa.
 
"Apalagi memang kita sedang ada isu besar dengan Uni Eropa. Dengan adanya pameran ini di jantung Eropa, bagus lah kita kasih lihat kita juga punya komoditas bagus yang selama ini selalu dianggap negatif begitu," ungkapnya.
 
Selain kampanye produk sawit, pemerintah akan memamerkan 100 perusahaan dari otomotif, elektronik, makanan dan minuman, kimia, tekstil dan produk tekstil (TPT). Bahkan pemerintah juga akan mempromosikan transformasi kebijakan ekonomi, ekonomi digital, sampai SDM.
 
"Perdagangan dengan Eropa, khususnya Jerman kita tingkatkan. Kemudian investasi Jerman di Indonesia bisa meningkat. Presiden juga harapkan dari kerja sama dengan Jerman itu terkait dengan kerja sama vokasi atau bidang SDM," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif