Subandi (kanan) dipilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) GINSI Periode 2019-2024 menggantikan Anton Sihombing. Foto: ist.
Subandi (kanan) dipilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) GINSI Periode 2019-2024 menggantikan Anton Sihombing. Foto: ist.

Gelar Munaslub, Importir Tunjuk Ketua Umum Baru

Ekonomi ekspor-impor
Eko Nordiansyah • 14 November 2019 13:52
Jakarta: Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) mengadakan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) bertempat di Grand Mega Resort, Kuta, Bali. Hasilnya, Subandi dipilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) GINSI Periode 2019-2024 menggantikan Anton Sihombing.
 
"Munaslub ini merupakan peryataan sikap terkait kepemimpinan Ketua Umum GINSI Anton Sihombing yang kerap melanggar AD/ART organisasi, salah satunya memberhentikan sekertaris jenderal Erwin Taufan dengan alasan yang tidak rasional," kata Subandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 November 2019.
 
Selain itu, Anton dianggap telah melakukan pelanggaran organisasi dengan tidak melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), rapat pimpinan selama periode berjalan, tidak ada kegiatan sesuai dengan AD/ART yang sudah ditetapkan, dan melakukan pemecatan secara sepihak tanpa menggelar musyawarah atau rapat pleno secara sah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada sekitar 13 poin pelanggaran secara organisasi terhadap ketua yang lama dan itu di musyawarahkan ada surat pernytaan nya di tanda tangani oleh setiap BPD, pelanggaran mendasar tersebut diantaranya tidak ada rakernas, tidak ada kegiatan-kegiatan sesuai AD/ART nya dan melakukan pemecatan sepihak, tanpa ada musyawarah atau pleno," kata Erwin.
 
Munaslub tercapai berkat persetujuan sepuluh BPD Ginsi yang ada diseluruh Provinsi di Indonesia. yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, BPD DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Sumatera Barat.
 
Tujuh dari 10 DPD GINSI sepakat untuk mendukung Subandi. Selain memilih Ketua umum GINSI yang baru, Munaslub juga dimanfaatkan untuk penyusunan AD/ART dan penyusunan pengurus GINSI yang baru.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif