Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo. Medcom/Ilham Wibowo.
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo. Medcom/Ilham Wibowo.

Wamenkeu Ajak DPD Awasi Dana Desa

Ekonomi dana desa
Eko Nordiansyah • 27 Mei 2019 20:23
Jakarta: Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengajak Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk bersama-sama mengawasi penggunaan dana desa. Apalagi dana yang digelontorkan pemerintah pusat bagi setiap desa tidak sedikit, sehingga diperlukan pengawasan yang cukup baik.
 
"Kita butuh sinergi, belanja pusat dan daerah sinergi. Ini menjadi fokus kebijakan fiskal pemerintah di 2020," kata Mardiasmo dalam rapat dengan DPD di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019.
 
Dirinya menambahkan dana desa yang dikeluarkan pemerintah pusat sekarang ini mencapai Rp826 triliun atau sepertiga dari APBN. Dengan dana yang setiap tahunnya meningkat, seharusnya pemerintah desa bisa membantu meningkatkan perbaikan hingga mengurangi kemiskinan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang (dana desa) sudah Rp826 triliun, tapi tidak sebanding dengan perbaikan daerah. Mestinya dengan peningkatan ini angka kemiskinan makin berkurang tapi tampaknya masih butuh tenaga khusus dari kami," jelas dia.
 
Oleh karena itu, dirinya berharap dana desa bisa digunakan sesuai dengan mandat pemerintah. Dana desa harus digunakan untuk pelayanan publik di antaranya infrastruktur sebesar 25 persen, pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen, dan anggaran desa 10 persen dari total anggaran yang didapat.
 
Sayangnya, sebanyak 146 daerah belum memenuhi kewajiban anggaran untuk pendidikan, 64 daerah belum menggunakan kewajiban belanja kesehatan, 289 daerah belum melaksanakan kewajiban belanja untuk infrastruktur, dan 83 daerah belum memenuhi ketentuan anggaran desa.
 
"Fokus kebijakan kita di 2020 adalah meningkatkan akses pelayanan dasar publik, minimal kesehatan dan pendidikan. Mendukung penguatan infrastruktur dan akses ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar)," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif