Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Syukur Iwantoro. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Syukur Iwantoro. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)

Langkah Pemerintah Dorong Aneka Ragam Pangan Nusantara

Ekonomi ketahanan pangan
Kautsar Widya Prabowo • 27 Juli 2018 13:46
Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong aneka ragam pangan dapat dilakukan dengan beberapa hal. Salah satunya dengan memanfaatkan aneka bahan makanan dan pengolahan secara regional serta memanfaatkan produk pangan unggulan setiap daerah.
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Syukur Iwantoro menjelaskan untuk mendorong percepatan aneka ragampangan, dapat dilakukan dari sisi hulu dan hilir.
 
"Strateginya dengan pengembangan pangan lokal berbasis industri rumah tangga melalui fasilitasi UMKM, inovasi resep menu khas nusantara berbasis pangan lokal, serta sosialisasi dan promosi," ujarnya dalam sambutan pembukaan Gelar Pangan Nusantara, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat 27 Juli 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan melalui aneka ragam pangan berbasis sumber daya lokal diharapkan juga sebagai sumber pangan fungsional yang dapat meningkatkan kesehatan dan mampu menghambat penyakit degeneratif.
 
Sehingga upaya peningkatan pemanfaatan pangan lokal dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Di mana sejak 2009 telah dilaksanakan Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan.
 
"Konsumsi pangan beragam guna memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, sehingga tercipta masyarakat sehat, aktif dan produktif," imbuhnya.
 
Lebih lanjut potensi pangan nusantara perlu terus didorong agar mempunyai daya saing global sehingga mampu mendorong peningkatan ekspor di sektor pertanian.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif