Presiden  Joko Widodo. Medcom.id/ Desi A
Presiden Joko Widodo. Medcom.id/ Desi A

Indonesia Berpotensi Jadi Produsen Kendaraan Listrik

Ekonomi mobil listrik
Dheri Agriesta • 15 Januari 2019 06:27
Jakarta: Pemerintah sedang menyiapkan peraturan presiden (perpres) tentang kendaraan listrik. Aturan ini disiapkan mengingat potensi Indonesia sebagai salah satu calon produsen kendaraan listrik.
 
Presiden Joko Widodo pun mengumpulkan sejumlah menteri terkait guna membahas rancangan aturan tersebut. Namun Jokowi tidak merinci apa saja yang diatur dalam perpres itu.
 
"Karena kita memiliki sebuah peluang menjadi pemain kendaraan motor listrik karena kita memiliki (sumber daya alam utama) lithium baterai," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lithium baterai merupakan salah satu komponen dalam kendaraan listrik. Adapun bahan dasar lithium baterai yakni nikel, kobalt, dan mangan. Indonesia diketahui memiliki banyak cadangan tiga mineral tersebut. Pemerintah pun ingin memanfaatkan kekayaan sumber daya alam itu sebagai strategi bisnis.
 
"Strategi bisnis ini harus mulai diatur sehingga nanti kita bisa melakukan sebuah lompatan menuju produk, baik motor ataupun mobil yang memiliki kompetisi di pasar domestik maupun pasar internasional," kata Jokowi.
 
Jokowi tidak bicara banyak tentang peraturan presiden ini. Kepala Negara menegaskan poin penting aturan itu telah dibahas dalam rapat terbatas.
 
"Nanti kalau perpresnya rampung saya sampaikan secara detail," pungkas mantan Gubernur DKI itu.

 

(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif