Ilustrasi (Foto: Setkab)
Ilustrasi (Foto: Setkab)

Cara Jasa Marga Antisipasi Kemacetan saat Mudik Lebaran

Ekonomi jasa marga
Annisa ayu artanti • 07 Mei 2019 09:46
Jakarta: PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana menghentikan sementara pembangunan proyek infrastruktur di area tol untuk mengantisipasi kemacetan saat musim mudik Lebaran tahun ini. Jasa Marga telah berbicara dengan pemilih proyek untuk rencana tersebut dan nantinya proyek akan dihentikan mulai pada H-10 Lebaran.
 
"Untuk kelancaran nanti saat Lebaran kita sudah organisasikan bersama Jasa Marga dan pemilik proyek. Bahwa kita akan kembalikan kapasitas jalan yang nanti kita lakukan pada H-10," kata Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur, saat konferensi pers, di Jakarta, Senin sore, 6 Mei 2019.
 
Dengan penghentian sementara proyek-proyek tersebut, bahu-bahu jalan yang digunakan untuk proyek bisa digunakan sehingga kapasitas kendaraan yang melewati tol akan kembali seperti semula. Selain itu, lanjut Subakti, Jasa Marga juga akan merelokasi gerbang-gerbang tol yang kerap menjadi pemicu kemacetan pada arus mudik Lebaran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian juga di gerbang-gerbang sebagaimana kita lihat, juga akan relokasi gerbang Cikarang Utama karena di situ terjadi pertemuan baik itu transaksi ke Trans Jawa maupun ke Bandung. Nanti akan kita pisah di masing-masing tol," jelas dia.
 
Untuk di rest area, Subakti menambahkan, pihak Jasa Marga akan menambah personel dan penggunaan teknologi baru. Hal itu sebagai antisipasi jika pemerintah menerapkan adanya one way di jalan tol.
 
"Di rest area ditambah personel lengkap dan teknologi baru yang akan kita terapkan untuk persiapan apabila nanti pemerintah tetapkan adanya oneway," imbuh dia seraya menambahkan Jasa Marga juga telah memasang rambu-rambu di daerah rawan kecelakan.
 
"Insyaallah nanti semua akan lancar dengan jumlah gardu yang disiapkan untuk keadaan normal dan puncaknya saat Lebaran. Artinya kita siap," pungkas dia.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif