Pemprov Babel akan Luncurkan Aplikasi Kembangkan Lada Putih
Ilustrasi. MI/Rendy.
Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meluncurkan aplikasi sahangku atau lada putihku sebagai upaya mengembalikan kejayaan  komoditas khas daerah itu.

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan menjelaskan bahwa aplikasi sahangku untuk memudahkan petani berkonsultasi dengan penyuluh pertanian lapangan (PPL) dalam mengatasi masalah tanaman lada putih.

Ia mengatakan dengan adanya aplikasi sahangku ini, petani cukup menggunakan handphone android mengakses informasi dan berkonsultasi dengan PPL dalam menangani hama tanaman lada putih.

"Aplikasi ini sudah dibuat dan siap diluncurkan untuk meningkatkan hasil panen lada petani di daerah ini," katanya dikutip dari Antara, Selasa, 20 November 2018.

Menurut dia, petani cukup membuka aplikasi di perkebunannya untuk memudahkan petugas PPL mengetahui lokasi lahan lada petani tersebut. Apabila PPL ingin mengetahui luas lahan perkebunan lada tersebut, petani cukup membuka aplikasi di handphone android ke titik-titik perbatasan lahan milik petani tersebut.
     
Selain itu, petani cukup memotret tanaman lada yang terserang hama penyakit dan mengirimkan hasil foto tersebut ke PPL, sehingga petugas mengetahui penyakit dan memberikan solusi untuk menangani hama tanaman tersebut.
     
"Jadi dengan aplikasi ini, petani tidak perlu lagi datang ke petugas PPL untuk menangani hama penyakit kuning, busuk pangkal batang dan lainnya," ujarnya.
    
Oleh karena itu, dianjurkan petani belajar menggunakan handphone android, agar bisa mengakses berbagai informasi bermanfaat dalam mengembangkan usaha perkebunannya.

"Saya yakin tidak seluruhnya petani menguasai teknologi informasi ini. Oleh karena itu diharapkan mereka belajar sama anak, tetangga dan orang lain yang menguasai teknologi ini," harap dia.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id