Foto udara jalur Trans Papua, Wamena-Habema, Papua. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.
Foto udara jalur Trans Papua, Wamena-Habema, Papua. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Sri Mulyani Tak Ingin Proyek Infrastruktur Membebani APBN

Ekonomi infrastruktur
31 Desember 2018 18:16
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak ingin proyek infrastruktur membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pemerintah kini terus mengembangkan pembiayaan alternatif.
 
"Kami akan terus mengembangkan berbagai sumber pembiayaan termasuk creative financing yang tidak hanya dari dana public (swasta) dan dari utang," kata Sri Mulyani, Senin, 31 Desember 2018.
 
Sri Mulyani mengatakan, skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur telah dimulai dan ada beberapa proyek yang sudah memakai KPBU.
 
"Tahun 2019 ada 10 proyek yang menggunakan skema KPBU. Empat proyek di Kementerian PUPR, empat proyek di Kementerian Perhubungan dan dua proyek di Kementerian Lingkungan Hidup," katanya.

Baca: Infrastruktur Buat Masyarakat Lebih Produkti

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Armand Hermawan mengatakan pihaknya terus mengembangkan pembiayaan-pembiayaan alternatif untuk pembangunan infrastruktur.
 
“Alternatif pembiayaan yang telah dilakukan melalui skema KPBU, karena membangun infrastruktur tidak bisa hanya bertumpu pada APBN,” kata Armand.
 
Armand mengatakan, skema KPBU bisa mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dan manfaatnya dapat dirasakan pemerintah, masyarakat, maupun badan usaha yang terlibat dalam kerja sama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi