Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Produksi Tembaga dan Emas Freeport Turun

Ekonomi freeport
Annisa ayu artanti • 30 April 2019 06:17
Jakarta: Transisi tambang terbuka menjadi tambang bawah tanah atau underground mining membuat produksi emas dan tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) menurun. Dalam laporan induk usahanya Freeport McMoran Inc di kuartal I-2019, Freeport Indonesia mencatatkan produksi tembaga sampai 31 Maret 2019 sebanyak 145 juta pound
 
Menurut laporan Freeport McMoran Inc, yang dikutip Medcom.id, Selasa, 30 April 2019, angka itu turun sebanyak j53,38 persen dibandingkan dengan capaian produksi kuartal I-2018 yang tercatat sebanyak 311 juta pound.
 
Produksi emas juga tercatat turun 72,77 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Tiga bulan pertama di 2019, Freeport Indonesia hanya memproduksi 162 ribu ons emas, sementara pada tahun sebelumnya mencapai 595 ribu ons.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setali tiga uang dengan kinerja produksi, kinerja penjualan juga melemah. Penjualan tembaga menurun dari 319 juta pound menjadi 174 juta pound. Penjualan emas juga mengalami penurunan 61,02 persen menjadi 235 ribu ons dari sebelumnya mencapai 603 ribu ons.
 
CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson mengatakan seiring transisi dari tambang terbuka ke tambang bawah tanah membuat produksi mengalami penurunan. Perusahaan memprediksi penurunan akan terus terjadi hingga 2020.
 
Meski demikian, ia menuturkan, sejauh ini perkembangan proyek masih berjalan sesuai rencana. "Di Indonesia peningkatan tambang bawah tanah berjalan dengan baik sesuai jadwal," kata Adkerson saat konferensi pers kuartal I-2019.
 
Setelah transisi tambang terbuka dan tambang bawah tanah selesai, diharapkan produksi Freeport Indonesia akan kembali meningkat. Adapun perkiraan modal Freeport untuk mengerjakan proyek pengembangan tambang bawah tanah adalah sekitar USD700 juta per tahun selama empat tahun ke depan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif