Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Kemenkominfo Revisi Jumlah UMKM Go Online

Ekonomi kominfo umkm e-commerce ecommerce
Annisa ayu artanti • 11 Januari 2019 10:02
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana merevisi target jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bertransformasi ke aplikasi digital atau go online. Pasalnya target tersebut hampir tercapai sebelum waktunya.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan sebanyak delapan juta UMKM sudah bertransformasi ke aplikasi digital pada 2020. Namun saat ini berdasarkan data Kemenkominfo jumlah UMKM yang bertransformasi ke aplikasi digital sudahh mencapai 6,5 juta.

Menteri Kominfo Rudiantara menyebutkan angka tersebut adalah data pertengahan 2018. Artinya, sebanyak 80 persen dari target yang ditetapkan pemerintah hampir tercapai sehingga perlu ada revisi target baru.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Nah, sekarang kita harus hitung lagi. Karena enggak harus menunggu 2020 untuk delapan juta. Tahun ini juga tercapai," sebut Rudiantara, usai menghadiri acara Bukalapak, di Jakarta, Convention Center, Jakarta, Kamis malam, 10 Januari 2019. Rudiantara menambahkan capaian jumlah UMKM yang sudah bertransformasi ke aplikasi digital tersebut tersebar di berbagai platform marketplace di Indonesia, seperti BukaLapak, Tokopedia, dan Shopee. Untuk BukaLapak, sesuai data yang diserahkan kepada pemerintah telah menjaring sebanyak 4 juta UMKM.

"Kalau Bukalapak itu (empat juta) data yang disampaikan Mas Zaky (CEO Bukalapak)," kata Rudiantara.

Sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rudi Melanjutkan, platform market place harus menjadi wadah untuk berkembangnya UMKM di Indonesia. Pemerintah mencatat jumlah UMKM di Indonesia mencapai 56 juta. Masih ada sekitar 48 juta lagi yang harus beralih atau bertransformasi ke aplikasi digital.

"Kita masih kurang 48 juta lagi, pesan Presiden (Jokowi) itu," pungkas Rudiantara.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi