Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing (MI/RAMDANI)
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing (MI/RAMDANI)

Satgas Minta Masyarakat Mampu Kelola Utang Tekfin

Ekonomi ojk fintech
13 Desember 2018 14:03
Jakarta: Satgas waspada investasi meminta masyarakat yang meminjam dari perusahaan teknologi finansial (tekfin) berbasis pembiayaan supaya mampu mengelola utang dengan baik agar bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu.

"Kelola utang dengan baik dan pinjam sesuai kemampuan bayar," kata Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

Tongam mengatakan saat ini banyak masyarakat yang terjerat oleh pinjaman yang diberikan oleh tekfin ilegal dan terjerat dengan penghitungan bunga yang tinggi. Untuk itu, masyarakat harus pintar mengelola pinjaman dan tidak tergoda untuk mengajukan pembiayaan dengan iming-iming kemudahan pencairan terutama dari tekfin yang tidak mempunyai izin dari OJK.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kebanyakan masyarakat meminjam untuk hal-hal tidak produktif dan meminjam untuk hal yang tidak sesuai dengan yang diperjanjikan," ujarnya. Melihat kondisi ini, ia mengingatkan akan lebih baik apabila masyarakat mengajukan pinjaman ke tekfin legal yang terdaftar, apabila membutuhkan dana dalam waktu cepat. OJK juga terus mendorong edukasi kepada masyarakat agar mampu memahami risiko, kewajiban dan biaya saat berinterasi dengan tekfin pembiayaan, supaya terhindar dari hal-hal merugikan.

"Masyarakat juga harus meminjam sesuai kemampuan bayar, yang menjadi masalah ada yang meminjam hingga ke 30 fintech. Kita akan perbaiki sistem ini," kata Tongam.

Selain itu, koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, salah satunya kepada Google, akan terus dilakukan agar ruang gerak tekfin ilegal makin terbatas. "Kita akan cegah agar aplikasi itu tidak muncul di playstore, tapi bisa saja mereka mengaku bukan fintech tapi berupa platform education atau charity," pungkasnya.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi