Cek Navigasi Pelayaran, Budi Karya Tinjau KN Enggano

Annisa ayu artanti 01 Mei 2018 21:12 WIB
Cek Navigasi Pelayaran, Budi Karya Tinjau KN Enggano
Menhub Budi Karya Sumadi, Medcom/Ayu.
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini melakukan peninjauan langsung kapal navigasi KN Enggano. Peninjauan ini untuk memastikan kualifikasi pelayaran di Indonesia supaya lebih kompetitif.

Budi mengatakan kualifikasi sektor pelayaran setiap tahun dunia terus mengalami peningkatan. Kualifikasi itu harus didukung oleh sistem navigasi yang mumpuni.

Oleh karena itu, dirinya mengecek langsung pengoperasian kapal KN Enggano yang berfungsi memantau sistem navigasi pada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok.

"Ya navigasi ini saya pikir harus kita intensif kan karena kualifikasi dari pelayaran kan makin kompetitif. Saya sedang menangkap hal-hal yang sedang kita butuh identifikasikan," kata Budi di Pulau Lancang Besar, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa, 1 Mei 2018.

Setelah dilakukan identifikasi, maka direktorat perhubungan laut akan melakukan up grading untuk meningkatkan komampuan navigasi lebih baik lagi. Hal itu ditekankannya lantaran sistem navigasi sangat diperlukan untuk menunjang aspek keselamatan pelayaran.

"Setelah itu kita akan lakukan upgrading yang berkaitan dengan kompetensi, berkaitan dengan peralatan, berkaitan dengan segala sesuatu," ucap dia.

Apalagi, lanjut Budi saat ini Pelabuhan Tanjung Priok menjadi hub internasional. "Jadi kemampuan navigasi kita juga harus setara dengan kualitas internasional," pungkas dia.

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id