Padi. ANT/Asep Fathulrahman.
Padi. ANT/Asep Fathulrahman.

Pertani Telah Salurkan 30 Ribu Ton Benih Bersubsidi

Ekonomi padi
Gervin Nathaniel Purba • 21 Agustus 2017 20:56
medcom.id, Jakarta: PT Pertani (Persero) mengklaim realisasi serapan subsidi benih telah mencapai target. Hingga akhir semester I-2017, penyaluran serapan subsidi benih telah mencapai 60 persen dari total alokasi dana yang dianggarkan pada tahun ini yakni Rp1,2 triliun.
 
Diretkur Utama PT. Pertani (Persero) Wahyu mengakui raihan tersebut sudah melebihi target yang dicanangkan. Sedangkan untuk penyaluran benih padi bersubsidi pihaknya telah menyalurkan sebanyak 30 ribu ton.
 
PT. Pertani (Persero) dan PT Sang Hyang Seri diberi penugasan subsidi benih oleh pemerintah, dalam hal ini padi. Masing-masing perusahaan diembani tugas untuk memproduksi dan menyalurkan sekitar 50 ribu ton benih padi bersertifikat bersubsidi kepada para petani di Indonesia secara merata.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang kami sudah salurkan 30 ribu ton sampai semester satu. Itu dari Pertani saja,” ujar Wahyu saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Pusat, Senin 21 Agustus 2017.
 
Dalam kesempatan itu, Wahyu menceritakan belum adanya kesadaran dari petani untuk menggunakan benih berkualitas menjadi hambatan pihaknya dalam proses penyaluran. Menurutnya, para petani lebih memilih membeli pupuk ketimbang benih bersubsidi. Para petani mempunyai anggapan bahwa benih bisa dibuat sendiri.
 
"Walaupun terbukti menjadi kunci keberhasilan, penggunaan benih unggul bersertifikat tidak menjadi prioritas petani. Mereka kalau punya uang kemudian disuruh memilih membeli pupuk atau benih dulu, pasti mereka akan memilih pupuk," katanya.
 
Meskipun demikian, Wahyu mengatakan tahun ini penyaluran bisa lebih dilakukan lantaran pihaknya lebih proaktif kepada petani. Pihaknya memberikan pemahaman kepada petani bahwa dengan benih padi unggul bisa menghasilkan produktivitas yang maksimal.
 
"Jadi kami berikan pemahaman kepada para petani bahwa benih unggul bisa membuat produksi semakin maksimal," pungkasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif