Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

Erick Thohir Tak Ingin Gegabah Suntik Jiwasraya

Ekonomi Jiwasraya
Desi Angriani • 11 November 2019 21:30
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir tak mau gegabah menyuntikkan likuiditas bagi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang gagal bayar. Pasalnya, kegagalan perusahaan asuransi dalam memenuhi kewajibannya membayarkan klaim kepada para nasabah merupakan persoalan serius.
 
"Kan tetap berproses (permintaan Jiwasraya mendapat suntikan modal). Kalau cuma nyuntik-nyuntik saja hilang lagi buat apa," kata Erick di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 11 November 2019.
 
Menurutnya, Jiwasraya tak cukup dibenahi dengan memberikan suntikan modal maupun merombak struktur organisasi. Saat ini, Jiwasraya akan mengeluarkan produk baru melalui skema kerja sama dengan perusahaan reasuransi untuk memperbaiki likuiditas perusaahaannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena memang penyelesaian Jiwasraya itu harus dijalankan secara bersamaan, tidak bisa hanya sekadar merombak direksi, komisaris atau misalnya menyuntik uang. Tapi kan seperti apa gitu. Tidak bisa kita mikir hanya satu titik gitu," ungkap dia.
 
Erick menambahkan Kejaksaan Agung dapat dilibatkan untuk memisahkan investasi bodong dari portofolio Jiwasraya. Itu menjadi salah satu langkah penyelamatan bagi asuransi tersebut.
 
"Bahwa investasi yang bodong atau yang ada kasus-kasus hukum ya diharapkan Kejaksaan Agung membantu BUMN gitu kan. Itu kan statement-nya. Saya rasa apa yang disebutkan Pak Andre itu apresiasi yang bagus," pungkas dia.
 
Adapun Jiwasraya memiliki tunggakan polis JS Saving Plan mencapai Rp802 miliar. Lankah penyehatan keuangan perusahaan itu jalan di tempat lantaran upaya pengoperasian anak usaha, Jiwasraya Putera,yang diyakini menjadi penyelamat harus tertunda akibat belum keluarnya izin dari OJK.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif