Sejumlah kendaraan melintasi di jalan Tol Batang Semarang saat penyusuran pra uji laik fungsi dan keselamatan Trans Jawa, Batang, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)
Sejumlah kendaraan melintasi di jalan Tol Batang Semarang saat penyusuran pra uji laik fungsi dan keselamatan Trans Jawa, Batang, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

Biaya Tol Dinilai Lebih Murah Ketimbang Akomodasi via Jalan Nasional

Ekonomi tarif tol jalan tol
20 Desember 2018 10:27
Jakarta: Tol trans jawa sepanjang 1.200 kilometer yang menghubungkan Merak, Banten sampai Pasuruan, Jawa Timur, rampung. Selain memangkas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya, tarif tol juga diyakini lebih murah ketimbang biaya akomodasi melalui jalur nasional.
 
Presidium Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sugeng Purnomo mengatakan sudah menjadi rumus utama bahwa jalan nasional cenderung 'memakan' lebih banyak biaya dibandingkan jalan tol.
 
"Itu bisa dihitung dari konsumsi bahan bakar, waktu, tenaga, dan tentu biaya operasional kendaraan melalui jalan nasional tidak akan sama ketika lewat jalan tol," ujarnya dalam Editorial Media Indonesia, Kamis, 20 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sugeng mengakui rute Jakarta-Surabaya melalui tol memerlukan biaya sedikitnya Rp500 ribu untuk satu kali perjalanan. Namun perlu diketahui membangun tol yang terintegrasi tidak bisa dilakukan oleh satu pihak melainkan perlu pelibatan berbagai investor.
 
"Di sisi lain ini cermin gotong royong membantu menyelesaikan infrastruktur jalan. Memang tak terhindarkan saat ini per ruas sekitar 25-35 kilometer dengan pembayaran setiap 35 sampai sekian kilometer. Tapi itu lebih normal dibandingkan di dalam kota yang setiap 6 kilometer (bayar tol)," kata dia.
 
Sugeng mengatakan pemerintah saat ini belum menemukan rumus untuk menekan biaya tol alih-alih hanya bagian dari pengembalian investasi proyek infrastruktur. Ia meyakini ketika pemerintah telah menemukan rumus sesuai dengan kecenderungan lalu lintas tarif tol bisa satu harga.
 
"Kalau traffic trend-nya sudah ketemu dengan peralatan lebih modern bisa langsung dibuka enggak perlu apa-apa. Bahkandengan obu (on board unit) akan terdeteksi berangkat dari mana keluar di mana harganya akan muncul sendiri tagihannya," pungkasnya.
 

 

(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif