BI Dukung Pelestarian Seni Budaya Daerah
: Bank Indonesia (BI) mendukung pelestarian seni budaya gamelan. Medcom/Eko N.
Solo: Bank Indonesia (BI) mendukung pelestarian seni budaya gamelan atau karawitan Jawa sebagai bagian kekayaan bangsa. Dukungan diberikan dalam bentuk satu set gamelan slendro dan pelog untuk Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta atau biasa dikenal dengan sebutan ASGA.

Perlengkapan gamelan akan mendukung kegiatan belajar dan penyelenggaraan pentas seni yang biasa rutin dilakukan oleh ASGA dan Keraton Mangkunegaran. Bantuan diserahkan langsung oleh Anggota Dewan Gubernur BI Dody Budi Waluyo.

Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sebagai dedikasi untuk negeri tersebut, diharapkan dapat meningkatkan semangat para pelaku seni di ASGA pada khususnya dan Surakarta pada umumnya untuk tetap berkarya, dan menginspirasi berbagai elemen masyakarat untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian budaya.

"Dengan semakin lestari dan berkembangnya seni budaya di Kota Surakarta, tentu akan turut mendongkrak sektor pariwisata Surakarta yang sudah dikenal sebagai kota budaya," kata Dody di Solo, Sabtu, 17 November 2018.

Sektor pariwisata saat ini telah menjadi sektor unggulan pendapatan devisa. Pada akhirnya hal ini dapat mendukung peran dan tugas Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas nilai Rupiah dan ketahanan sistem keuangan.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id