Penguatan SDM Jadi Fokus Pemerintah Pascainfrastruktur Terbangun

Suci Sedya Utami 27 November 2018 19:33 WIB
infrastrukturKualitas SDM
Penguatan SDM Jadi Fokus Pemerintah Pascainfrastruktur Terbangun
Presiden Joko Widodo. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pascapembangunan infrastruktrur dirampungkan maka fokus pemerintah yaitu menguatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI), Jokowi mengatakan pembangunan SDM perlu dilakukan secara besar-besaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Perubahan dunia saat ini, kata Jokowi, perlu direspons dengan cepat.

"Setelah infrastruktur selesai apa yang kita kerjakan? Kita akan masuk pada pembangunan besar-besaran, penguatan SDM. Kita harus lakukan secara besar-besaran bukan hanya 100 ribu-200 ribu," kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan pembangunan SDM tersebut selain untuk mengadapi revulusi industri juga untuk menciptakan pemimpin-pemimpin berkualitas di masa mendatang. Dia bilang di masa mendatang Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki pemikiran terbuka (open minded). Jokowi mengatakan Indonesia membutuhkan pemimpin yang siap menghadapi ketidakterdugaan seperti yang terjadi saat ini.

"Karena perubahan dunia sekarang cepat sekali. Kita baru belajar internet of things, muncul lagi artificial intelligent, muncul lagi robotic. Kalau pemimpinnya terkaget-kaget, enggak cepat respons ya kita ditinggal. Kita butuh pemimpin yang bereaksi cepat," tutur Jokowi.

Lebih lanjut dia menambahkan kemenangan dari peperangan saat ini bukan ditandai dari negara yang kuat mengalahkan negara yang lemah, negara yang besar mengalahkan negara yang kecil. Namun bagaimana negara yang cepat bisa mengalahkan yang lambat.

Oleh karenanya, tambah Jokowi, dibutuhkan SDM yang bisa bereaksi cepat terhadap dinamika perubahan yang terjadi di dunia saat ini.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id