Ilustrasi. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Turun Rp4.000, Emas Antam Makin Murah

Ekonomi harga emas antam
Desi Angriani • 22 Februari 2019 11:15
Jakarta: Gerak harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) terpantau makin murah pada pembukaan perdagangan pagi ini. Harga emas Antam tercatat mengalami penurunan sebesar Rp4.000 per gram.
 
Mengutip laman Logam Mulia Antam, Jumat 22 Februari 2019, harga emas Antam di Butik Emas LM Gedung Antam tercatat berada di level Rp680 ribu per gram atau turun Rp4.000 dari sebelumnya Rp684 ribu per gram.
 
Pembelian emas dengan ukuran 10 gram yang dijual di Gedung Antam, harganya setara dengan Rp6,3 juta. Untuk pembelian emas dengan ukuran 25 gram, harganya setara dengan Rp15,6 juta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan pembelian emas dengan ukuran 50 gram, harganya dibanderol Rp31,23 juta. Untuk pembelian emas dengan ukuran 100 gram, harganya setara dengan Rp62,4 juta.
 
"Harga dan ketersediaan stok bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan," tulis manajemen dalam situs resmi Logam Mulia Antam.
 
Sementara harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini ada di level Rp597 ribu per gram. Berarti, jika ingin menjual emas, maka Antam akan membelinya dengan harga tersebut.
 
Sedangkan harga emas di PT Pos Indonesia mengacu pada harga Butik Emas LM terdekat. Harga emas batangan sudah termasuk PPh 22 di 0,9 persen. Sertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).
 
Adapun penurunan harga emas antam seiring dengan anjloknya harga emas dunia. Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange membukukan kerugian harian terbesar pada perdagangan Kamis waktu setempat.
 
Melansir Xinhua, Jumat, 22 Februari 2019, harga kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April turun USD20,10 atau 1,49 persen menjadi USD1.327,80 per ons.
 
Sementara logam mulia lainnya, seperti perak untuk pengiriman Maret turun 37,60 sen atau 2,32 persen menjadi USD15,801 per ons. Serta platinum untuk pengiriman April turun USD7,90 atau 0,95 persen menjadi USD826,30 per ons.
 
Analis memperkirakan penurunan tajam harga emas ini akibat risalah dari pertemuan Januari Fed yang dirilis Rabu, yang terdengar kurang dovish dari yang diperkirakan investor, serta dolar yang lebih kuat. Indeks dolar AS, yang mengukur uang terhadap enam rival, naik 0,11 persen menjadi 95,65.
 
Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS, yang berarti jika dolar menguat, emas berjangka akan jatuh karena emas, dihargai dalam dolar AS, menjadi mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lain.
 
Di sisi lain, data ekonomi AS mencatat penjualan rumah turun 1,2 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 4,94 juta unit pada Januari. Ini merupakan level terendah dalam lebih dari tiga tahun, lapor National Association of Realtors.
 

 

 

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif