PNS. MI/Angga Yuniar.
PNS. MI/Angga Yuniar.

Tahun Depan, Gaji PNS Tetap

Ekonomi pns
Eko Nordiansyah • 19 Agustus 2019 15:45
Jakarta: Pemerintah memutuskan untuk tetap mempertahankan gaji bagi pegawai negeri sipil (PNS) tahun depan. Artinya tidak akan ada kenaikan gaji PNS sebagaimana dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBN) Tahun Anggaran 2020.
 
"Gaji (PNS) kan di RAPBN enggak naik," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Meski tak ada kenaikan gaji, pemerintah telah menjanjikan adanya gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR). Hal ini seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Pidato RAPBN dan Nota Keuangan 2020 di Gedung Nusantara, Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, 16 Agustus lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bima menambahkan kenaikan gaji PNS tahun ini sudah mempertimbangkan kenaikan inflasi. Sementara untuk tahun depan, pemerintah perlu melihat postur anggaran sehingga kenaikan gaji PNS tidak membebani APBN.
 
"Tapi kan kita juga sebagai abdi negara juga harus memahami beban fiskal yang ditanggung negara, pajaknya seperti apa, perubahan-perubahan seperti apa. Kita lebih mendahulukan masyarakat lah dari pada PNS sendiri," jelas dia.
 
Dirinya berharap pemerintah bisa memperhatikan kenaikan inflasi sebagai pertimbangan menaikan gaji PNS. Jika tak ada kenaikan, dirinya berharap pemerintah bisa mempercepat penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) agar realisasi tunjangan dan gaji ke-13 bisa dipercepat.
 
"Ya ini kan mudah-mudahan PP gaji dan tunjangan serta PP pensiun dan jaminan hari tuanya bisa lebih cepat keluar, sehingga bisa lebih terstruktur dan radikal perubahannya," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif