Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: dok MI.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: dok MI.

Banyak BUMN Bermasalah, Sri Mulyani Bakal Koordinasi dengan Erick

Ekonomi bumn kementerian bumn ASABRI
Eko Nordiansyah • 13 Januari 2020 13:21
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bakal Menteri BUMN Erick Thohir soal banyaknya perusahaan BUMN yang bermasalah. Setelah PT Asuransi Jiwasraya (Persero), sekarang ada dugaan korupsi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ASABRI (Persero).
 
"Nanti saja kalau soal itu (Jiwasraya dan ASABRI). Nanti kalau kita sudah bersama-sama Pak Erick, nanti bikin statement bersama," kata Sri Mulyani di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin, 13 Januari 2020.
 
Namun demikian, Sri Mulyani enggan membeberkan lebih jauh soal BUMN asuransi yang tengah bermasalah. Dirinya ingin lebih dulu bertemu dengan Kementerian BUMN agar masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khusus untuk Jiwasraya, Sri Mulyani menyebut, Kementerian BUMN telah menyiapkan langkah penyehatan. "Sudah ada statement dari Pak Erick (soal tindak lanjut Jiwasraya)," lanjut Sri Mulyani.
 
Menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sampai dengan November 2019, Jiwasraya diperkirakan mengalami negatif equity sebesar Rp27,2 triliun. Jiwasraya membutuhkan dana Rp32,89 triliun agar bisa mencapai rasio Risk Based Capital (RBC) minimal 120 persen.
 
Terdapat empat alternatif penyelamatan Jiwasraya. Mulai dari strategic partner yang menghasilkan Rp5 triliun, inisiatif holding asuransi Rp7 triliun, menggunakan skema finansial reasuransi Rp1 triliun, dan sumber dana lain dari pemegang saham Rp19,89 triliun. Jadi, total dana yang dihimpun dari penyelamatan tersebut Rp32,89 triliun.
 
Sementara itu, dugaan penyelewengan dana asuransi diduga dengan modus investasi saham gorengan. Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya menyatakan ada isu korupsi di ASABRI yang nilainya mencapai Rp10 triliun.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif