Pakar marketing Tung Desem Waringin. (FOTO: MI/Atet)
Pakar marketing Tung Desem Waringin. (FOTO: MI/Atet)

Hujan Duit Lumrah di Dunia Marketing

Ekonomi marketing
Ade Hapsari Lestarini • 01 Maret 2018 17:18
Jakarta: Netizen sedang dihebohkan aksi hujan duit yang terjadi sejak Rabu, 28 Februari 2018 di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.
 
Pakar Marketing Tung Desem Waringin menilai aksi sebuah perusahaan untuk mempromosikan brand-nya tersebut dinilai lumrah dalam dunia marketing.
 
"Lagi ramai di sosial media soal hujan duit ini. Kita lihat dulu tujuannya apa (hujan duit), apakah untuk sosial atau cari sensasi saja. Kalau sosial untuk membantu masyarakat, ya bagus," tutur dia saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 1 Maret 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tung Desem mengakui jika strategi marketing seperti ini lumrah dilakukan. Namun demikian, harus diketahui terlebih dahulu apa motivasinya dan siapa pangsa pasarnya. Apabila dilakukan untuk keperluan promosi, maka masyarakat harus tahu siapa yang menebarkan uang tersebut.
 
"Lihat penawarannya dulu, hujan duit tapi kalau tidak ada konferensi pers atau penjelasan lebih lanjut ya bisa saja hanya sensasi," tambah dia.
 
Dia menguungkapkan strategi ini pernah dilakukannya beberapa tahun lalu untuk mempromosikan bukunya yang berjudul Marketing Revolution. Saat itu, Tung Desem menyebar uang senilai total Rp100 juta melalui pesawat.
 
"Saya praktikan ini (teori marketing), publikasi itu penting, tapi bagaimana caranya. Menurut saya ini efektif dan cara paling murah, tapi sesudahnya baru iklan di koran untuk menarik perhatian lagi," jelasnya.
 
Akan tetapi, lanjut Tung Desem, aksi tersebut jika hanya sekadar publikasi saja maka tidaklah cukup dilakukan jika memang tidak ada penawaran yang menarik.
 
"Waktu itu saya launching buku, bukan cuma untuk branding, tapi juga ada penawarannya. Misalnya saat saya launching buku, saya beri tambahan voucher seminar tiga hari, kemudian dikasih lima CD, ini bahkan mengalahkan penjualan Harry Potter, dapat rekor Muri juga," pungkas dia.
 
 
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif