Ilustrasi. ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Ilustrasi. ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Menhub: Transportasi Laut Murah

Ekonomi transportasi laut
Meilikhah • 16 Desember 2014 11:01
medcom.id, Jakarta: Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengamini keinginan pemerintah untuk memaksimalkan potensi laut sebagai dukungan pembangunan nasional secara menyeluruh.
 
Dari segi transportasi, dia menilai transportasi laut justru jauh lebih murah dibandingkan transportasi darat dan udara. Sebab, laut tidak memerlukan pembangunan infrastruktur layaknya membuat jalur rel kereta api ataupun landasan udara.
 
"Angkutan laut itu murah, tidak perlu aspal atau buat rel seperti kereta. Hanya perlu berkah Tuhan saja," kata Ignasius dalam seminar nasional maritim di Balai Samudera, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, upaya pengembangan transportasi melalui laut ini akan mendorong peningkatan perekonomian di pulau-pulau yang berada di luar Jawa. Dia menggarisbawahi, jika pembangunan hanya terjadi di Pulau Jawa, pemerataan pembangunan menjadi tak terwujud dan tak seimbang.
 
Sebab, perekonomian di daerah tak akan sedinamis layaknya di Pulau Jawa yang menjadi pusat pemerintahan. Padahal, daerah adalah potensi negara yang tidak bisa diabaikan.
 
"Kalau (pembangunan) di Jawa saja, nanti yang di luar Jawa ribut. Perekonomian tidak akan tumbuh," tukasnya.
 
(WID)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif