KAI Ingin Kereta Bogor-Bandung Lewati Cianjur
Kereta Api. ANT/Rosa Panggabean.
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menginginkan jalur kereta api dari Bogor menuju Cianjur bisa diperpanjang hingga Bandung. Dengan pembukaan rute tersebut diharapkan masyarakat Bogor yang akan menuju ke Bandung tak perlu lagi datang ke Stasiun Gambir di Jakarta.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pembangunan jalur kereta tersebut bisa dengan mudah dilakukan karena track-nya sudah ada. Ini juga akan menciptakan efisiensi karena masyarakat bisa mudah terlayani dengan berbagai pilihan jalur kereta yang ada sesuai kebutuhannya.

"Misalnya penumpang asal Bogor yang mau ke Bandung itu tidak perlu lagi ke Stasiun Gambir. Mereka bisa langsung naik dari Stasiun Bogor ke Cianjur lalu Bandung. Jadi efisien kan," kata dia di Jakarta Railway Center (JRC), Juanda, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Pada periode Natal dan tahun baru kemarin, KA Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung mengalami peningkatan okupasi yang paling tinggi. Dengan 13 perjalanan PP dan keterisian penumpang rata-rata 97,48 persen.

"Hal ini dimungkinkan karena adanya beberapa pengerjaan proyek di jalur tol Jakarta-Bandung yang kerap mengakibatkan kemacetan sehingga masyarakat memilih beralih ke moda transportasi KA," jelas dia.

Saat ini proses pembangunan kereta api jalur tersebut tengah memasuki tahap studi kelayakan (feasibility study). KAI bekerja sama dengan PT PP (Persero) Tbk dalam melihat kemungkinan pembangunan kereta listrik (commuter line) pada jalur tersebut.

"Sekarang dalam tahap feasibility study dilakukan oleh PT PP karena kita kolaborasi dengan BUMN juga. Mudah-mudahan secepat selesai karena itu tracknya sudah ada. Kalau perlu dari Bogor itu sudah listrik, sehingga bisa mengangkut lebih banyak lagi. Tapi kita liat hasil feasibility study-nya seperti apa," pungkasnya.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id