Illustrasi. MI/Adam Dwi.
Illustrasi. MI/Adam Dwi.

LinkAja Beri Banyak Manfaat ke Pemerintah

Ekonomi bumn BUMN QR Code
Media Indonesia • 25 Februari 2019 13:11
Jakarta: Penggabungan layanan keuangan berbasis elektronik universal milik perusahaan di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi LinkAja dinilai sudah tepat. Pasalnya, melalui sistem pembayaran baru tersebut dapat memberikan banyak manfaat seperti pengayaan data, efisiensi, dan optimalisasi bantuan tunai pemerintah.
 
"Universal payment system lebih bagus dikeluarkan pemerintah karena banyak data yang bisa di dapatkan dari penggunaannya dan sudah seharusnya pemerintah memiliki data tersebut. Nantinya, pemerintah dapat memiliki data keuangan serta kebiasaan masyarakat maupun turis," terang CFA Director of institutional Equity Sales CGS-CIMB Securities Kartika Sutandi dikutip dari Media Indonesia, Senin, 25 Februari 2019.
 
Ia menjelaskan Kementerian BUMN menggabungkan sejumlah layanan fintech bank BUMN melalui LinkAja dari sebelumnya Tcash yang merupakan platform layanan keuangan berbasis mobile pertama sejak 1997.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah negara seperti Hong Kong serta Singapura sudah sejak lama menerbitkan sistem pembayaran universal bernama Octopus Card dan EZ-Link Card untuk masyarakat dan turis yang hendak menggunakan public transport, berbelanja makanan, membeli tiket hiburan, bahkan berbelanja.
 
Menurut Kartika penggunaan sistem pembayaran ini akan memberikan efisiensi. Pasalnya, perusahaan BUMN tidak perlu keluarkan belanja modal besar. Jika penyedia layanan keuangan berbasis elektronik lainnya harus membakar uang untuk mendapatkan pengguna, LinkAja tidak perlu melakukan itu.
 
"Cukup dengan menjadi penyedia pembayaran di jalan tol, transportasi publik milik negara, BPJS dan SPBU Pertamina sudah sangat cukup," paparnya.
 
Manfaat lainnya dari kahadiran LinkAja, menurut Kartika, adalah dapat dijadikan salah satu alat bagi pemerintah untuk menyalurkan dana bantuan baik itu bantuan langsung tunai maupun subsidi BBM. "Dengan menggunakan layanan LinkAja, pemerintah dapat membuat masyarakat yang tergolong unbanked menjadi banked," pungkasnya.
 
Saat ini, LinkAja memiliki berbagai fitur seperti bayar merchant, beli pulsa atau data, bayar beli di HP, belanja online dan berbagai uang. Nantinya, LinkAja juga bisa dipergunakan untuk melakukan pembayaran di jalan tol, MRT, LRT, SPBU Pertamina, BPJS, pembayaran PDAM serta mikro insurance.
 
Sehingga integrasi beragam layanan dari sisi teknologi dan perbankan akan semakin terwujud, akses masyarakat untuk menikmati fasilitas layanan unbanked juga akan semakin mudah, dengan dukungan kekuatan jaringan layanan telekomunikasi yang sudah terbukti kemampuannya dari keunggulan layanan TCash.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif