Menko Perekonomian Darmin Nasution (Dokumentasi : Setkab).
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Dokumentasi : Setkab).

Pemerintah Klaim Berhasil Kendalikan Inflasi

Ekonomi inflasi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 02 Januari 2019 13:55
Jakarta: Pemerintah berhasil mengendalikan inflasi sepanjang 2018. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 3,13 persen atau di bawah target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar 3,5 persen.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menampik rendahnya inflasi karena daya beli masyarakat yang rendah. Pada tahun lalu harga-harga mengalami kenaikan, yang tidak menunjukan penurunan daya beli.
 
"Kenapa lebih rendah? Karena kita bisa mengendalikan kebutuhan kita yang diukur inflasinya pangan, distribusi, perhubungan, pendidikan," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu 2 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, inflasi pada awal 2018 sempat mengalami lonjakan karena kenaikan harga beras. Namun kemudian, pemerintah berupaya menjaga inflasi agar tetap terkendali sehingga inflasi sepanjang tahun bisa di bawah target yang ditetapkan.
 
"Malah kita cemas lihatnya, ini inflasi akan meledak berlebihan. Tapi kemudian bisa turun sedikit-sedikit, ingat enggak Februari-Maret itu negatif inflasinya, tapi Januari tinggi. Jadi jangan mulai ditafsir hubungannya dengan demand," jelas dia.
 
Selama 2018 seluruh komponen pengeluaran mengalami inflasi, yaitu kelompok bahan makanan inflasi 3,41 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau inflasi 3,91 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar inflasi 2,43 persen.
 
Kelompok sandang dan kesehatan juga tercatat mengalami inflasi masing-masing sebesar 3,59 persen dan 3,14 persen. Sementara kelompok pendidikan dan transportasi mengalami inflasi masing-masing sebesar 3,15 persen dan 3,16 persen.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif