Direktur Keuangan PT Perikanan Nusantara Ridwan Zachrie (tengah). Foto: Medcom.id/Rizkie Fauzian.
Direktur Keuangan PT Perikanan Nusantara Ridwan Zachrie (tengah). Foto: Medcom.id/Rizkie Fauzian.

Tingkatkan Porsi Ekspor, Perinus Perkuat Armada Kapal

Ekonomi perikanan
Rizkie Fauzian • 28 Oktober 2018 06:30
Tangerang: Perusahaan pelat merah, PT Perikanan Nusantara (Perinus) berencana meningkatkan porsi ekspor ikan tahun depan. Untuk itu, perseroan tengah fokus memperkuat armada kapal.
 
Direktur Keuangan PT Perikanan Nusantara Ridwan Zachrie mengatakan saat ini perseroan memiliki 15 armada kapal tangkap yang terdiri dari empat kapal baru, dua di antaranya terbuat dari besi dan kayu dengan ukuran 150 gross ton (GT).
 
"Kita akan menguatkan perikanan tangkap dengan memperkuat armada kapal. Di 2019 kita targetkan memiliki 30 kapal, baik yang sifatnya existingmaupun kerja sama KSO (kerja sama operasi) dengan pemilik kapal lain. Itu alasan kita memperkuat armada buat tangkap ikan," katanya di Trade Expo Indonesia (TEI), ICE BSD Tangerang, Sabtu, 27 Oktober 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain penambahan armada kapal, perseroan juga fokus kepada sarana dan prasarana seperti cold storage, pabrik es, dan unit yang relatif baru dan telah beroperasi di beberapa cabang utama. Untuk pembangunan processing ikan dananya berasal dari investasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp200 miliar.
 
"Dari PMN tersebut sebagian besar juga disalurkan untuk sarana pendingin yang sudah bisa kita manfaatkan, kita optimalisasikan, Alhamdulilah bisa mendukung juga keberhasilan kita untuk meningkatkan sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points, analisis bahaya dan pengendalian titik kritis)kita untuk ekspor," ungkapnya.
 
Ridwan menambahkan untuk menembus pasar Eropa, maka perseroan harus memiliki sertifikasi HACCP dengan kategori A. Sementara, perseroan saat ini baru kategori B dengan pasar Asia dan Amerika.
 
"Kita ingin memperkuat armada kapal, perikanan tangkap, sarana dan prasara diperbaiki, kita fokus itu, kalau itu sudah bagus kita bisa tembus semua pasar ekspor. Kita harus berpikir value added yang masuknya ke pasar global, makanya kita rajin ikut expo," jelasnya.
 

(HUS)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif