Suasana diskusi pemindahan ibu kota. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Suasana diskusi pemindahan ibu kota. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Pengajuan Rencana Pemindahan Ibu Kota ke DPR Tunggu Kepastian Lokasi

Ekonomi pemindahan ibukota
Eko Nordiansyah • 16 Mei 2019 14:27
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut pengajuan rencana pemindahan ibu kota ke DPR akan dilakukan setelah penetapan lokasi. Nantinya DPR akan membuat Undang-Undang (UU) Daerah Khusus Ibu Kota untuk ibu kota baru.
 
"Nantinya ketika segala sesuatu sudah lebih pasti tentu harus ada proses dan dukungan politik. Dan untuk menjamin kelangsungan ke depan harus ada UU," kata Bambang dalam Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Dirinya menambahkan pemerintah akan segera mengambil keputusan mengenai lokasi yang akan dipilih menjadi ibu kota pengganti Jakarta. Bambang memastikan penetapan lokasi akan dilakukan tahun ini, sebelum pemerintah mengajukan proposal pemindahan ibu kota ke DPR.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ini sifatnya kajian untuk pengambilan keputusan. Tahun ini Presiden tetapkan lokasi, harus tahun ini enggak bisa ditunda lagi. Kami akan finalisasi dalam waktu dekat ini," jelas dia.
 
Meski begitu, sampai saat ini Presiden Joko Widodo telah melakukan komunikasi politik terkait rencana memindahkan pusat pemerintahan ke luar Jawa. Di hadapan sejumlah pimpinan lembaga negara, Jokowi memastikan pemerintah serius untuk memindahkan ibu kota.
 
"Mumpung ketemu dengan ketua dan pimpinan lembaga-lembaga negara, saya ingin menyinggung sedikit hal yang berkaitan dengan pemindahan ibu kota. Kami serius dalam hal ini," kata Jokowi saat buka bersama pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Senin, 6 Mei 2019.
 
Sementara itu, Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung rencana pemerintah yang ingin memindahkan ibu kota dari DKI Jakarta. Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan akan memindahkan ibu kota dari Pulau Jawa.
 
"Prinsipnya kami di DPR mendukung sejauh itu sudah dikaji secara matang," kata Bamsoet sapaan akrabnya usai menghadiri buka puasa bersama Presiden Jokowi.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif