Aktivitas ekonomi warga di Anyer, Kabupaten Serang, Banten, berangsur pulih, Senin, 24 Desember 2018. Dok ; AFP.
Aktivitas ekonomi warga di Anyer, Kabupaten Serang, Banten, berangsur pulih, Senin, 24 Desember 2018. Dok ; AFP.

Aktivitas Ekonomi Warga di Anyer Kembali Pulih

Ekonomi ekonomi indonesia Tsunami di Selat Sunda
24 Desember 2018 19:30
Jakarta: Aktivitas ekonomi warga di Anyer, Kabupaten Serang, Banten, berangsur pulih, Senin, 24 Desember 2018. Sejumlah warung makan termasuk minimarket yang berdiri di pesisir pantai mulai berjualan kembali. Sebelumnya, saat tsunami menerjang wilayah ini Sabtu malam, 22 Desember, seluruh warga yang berjualan mengungsi ke tempat aman.
 
Pantauan Media Indonesia, hampir semua warung makan yang ada di pesisir pantai mulai berjualan. Tidak hanya warung yang besar, warung kecil di pinggiran jalan pun telah beraktivitas kembali. Salah satu pedagang warung makan Padang di Anyer Rahmad Ridwan, 19, mengaku, seluruh warung baru buka kembali pada hari ini.
 
"Sabtu sampai Minggu mengungsi. Hari ini baru bisa jualan kembali," terangnya kepada Media Indonesia, Senin, 24 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, meski baru hari ini buka, banyak pengunjung makan di warung. "Mungkin karena baru buka sementara orang banyak ke daerah ini makanya ramai yang makan," ungkap Rahmad.
 
Pedagang di salah satu minimarket di Anyer Afdal, 26, menambahkan, ada instruksi langsung dari pimpinannya untuk kembali membuka toko di Anyer. Hal tersebut demi mempermudah warga yang ingin mencari kebutuhan pokok pascabencana.
 
"Selain itu juga untuk membantu orang-orang yang datang ke sini. Seperti tentara dan polisi termasuk tim relawan. Mereka banyak datang membeli air dan kebutuhan lainnya," paparnya.
 
Afdal mengaku ada peningkatan pendapatan meski baru sehari buka pascatutup selama dua hari. Hal tersebut tidak lain karena disebabkan banyaknya orang yang datang ke Anyer. "Karena bencana makanya orang banyak ke sini. Pembelian di sini (minimarket) juga lumayan banyak sehari ini," tandasnya.
 
Salah satu pengunjung di Anyer menambahkan sangat terbantu pasca seluruh warung makan dan toko yang menjual perlengkapan kebutuhan pokok warga berjualan kembali. "Yang pasti mau mencari kebutuhan pokok amanlah. Tidak susah kayak kemarin biar mau cari air minum susah," pungkas dia.
 



 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif