Ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

DKP Lebak Targetkan Ikan Tangkapan 6.000 Ton

Ekonomi ikan
11 Januari 2016 11:15
medcom.id, Lebak: Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak, Banten, menargetkan produksi ikan tangkap laut mencapai 6.000 ton pada 2016 atau mengalami peningkatan sebanyak 20 persen dari target 2015. Berbagai macam upaya akan dilakukan agar mencapai target tersebut.
 
"Kami optimistis target produksi sebanyak itu bisa terealisasi setelah nelayan mendapat bantuan alat tangkap dan kapal berkapasitas 12 GT," kata Kepala Bidang Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak Winda Triana, seperti dikutip dari Antara, di Lebak, Senin (11/1/2016).
 
Pencapaian target produksi ikan tangkap pada 2015 terealisasi 5.000 ton atau telah tercapai 100 persen. Produksi tangkapan nelayan terbesar di Pangkalan Pelabuhan Ikan (PPI) Binuangeun dan sisanya di sembilan tempat pelelangan ikan (TPI).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama dua tahun terakhir ini, nelayan Lebak selalu mencapai target, karena ditopang adanya bantuan alat tangkap dan kapal. Pemerintah pusat dan daerah memfokuskan membantu para nelayan berupa peralatan alat tangkap dan armada kapal 12 grosston (GT). Bantuan itu antara lain alat tangkap jaring rampus, pancing tonda, gillnet milenium, dan jaring muroami.
 
Disamping itu, juga dibangun infrastuktur lainnya guna memudahkan akses nelayan dalam upaya meningatkan produksi tangkapan ikan. Pembangunan sarana itu di antaranya lokasi bersandar kapal atau perahu dan perbaikan tempat pelelangan ikan.
 
"Semua bantuan untuk nelayan itu guna menggenjot produksi tangkapan ikan laut," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif