Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.
Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi jadi Tantangan Kabinet Mendatang

Ekonomi ritel
Nia Deviyana • 14 Oktober 2019 20:14
Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai ada banyak tantangan bagi kabinet yang terpilih di periode kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hariyadi menuturkan pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh konsumsi.
 
"Di sisi lain daya beli sedang turun, konsumsi melemah," ujarnya usai mengisi diskusi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta Pusat, Senin, 14 Oktober 2019.
 
Kondisi tersebut, lanjut Hariadi, diperparah dengan melemahnya perekonomian dunia. Belum lagi serbuan barang impor yang memukul industri dalam negeri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Global lagi drop situasinya, bank dunia tahun ini meng-cut pertumbuhan ekonomi," tuturnya.
 
Hariyadi berharap formasi kabinet terdiri dari orang-orang yang berkompeten dan mampu berkerja dalam tim. "Kompetensi mutlak diperlukan, tapi jangan cuma nge-draf aturan, tapi bisa tidak melaksanakannya?" tukas dia.
 
Hariadi yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ini juga tidak keberatan jika Jokowi memilih menteri dari kalangan milenial.
 
"Enggak masalah, asalkan kompeten, kami pengusaha tidak masalah mau milenial atau sudah tua, mau dari parpol atau bukan, yang penting kompeten," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif