Politisi partai NasDem, Shanti Ramchand saat dialog di Hongkong Cafe. Foto: Medcom.id/Theofilius
Politisi partai NasDem, Shanti Ramchand saat dialog di Hongkong Cafe. Foto: Medcom.id/Theofilius

NasDem Dorong Pemanfaatan Ekonomi Digital

Ekonomi ekonomi digital
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Oktober 2019 19:46
Jakarta: Politikus partai NasDem Shanti Ramchand menyoroti potensi ekonomi digital di Indonesia. Hal ini dibahas Shanti dalam dialog menjelang Kongres II NasDem.
 
"Digitalisasi yang sekarang sedang terjadi harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelaku ekonomi dan warga negara, sebagai kekuatan," ujar Shanti di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, Jum'at 18 Oktober 2019.
 
Menurut Shanti, ekonomi digital Indonesia berkembang cepat. Seluruh pihak harus bisa beradaptasi dengan kemajuan ekonomi digital dan harus memanfaatkan kemajuan tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Shanti menyebut skor indeks adopsi digital (DAI) dari sektor bisnis, pemerintahan dan individual sebesar 0,45 poin atau lebih baik dari Filipina yang berada di angka 0,42. Indeks tersebut menunjukkan seberapa besar pemerintah, warga dan bisnis memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Untuk itu kita, terutama di NasDem mendorong ini, lewat diskusi untuk mampu memberikan alternative solusi untuk meningkatkan pertumbuhan Ekonomi di tengah deindustrialisasi yang sedang terjadi di Indonesia," ujar dia.
 
Pemerintah harus segera menyadari potensi perkembangan digitalisasi untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin. Apalagi berkaca ke Indonesia yang masuk salah satu negara paling adaptif pemanfaatan teknologi digital.
 
Penetrasi internet sangat cepat. Pada 2016, diperkirakan ada 132,8 juta penduduk Indonesia yang mengakses internet. Organisasi We Are Social pada 2017 menyebutkan pengguna internet di Indonesia tertinggi di dunia.
 
"Itu baru arus perdagangan di Application stores seperti Tokopedia, Grab, Gojek. Belum lagi pemanfaatan media sosial sebagai tempat pemasaran yang efektif seperti Facebook, Twitter, Whatsapp. Ini yang harus jadi perkembangan fokus ekonomi kita agar semakin berkembang," kata dia.
 

(ADN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif