Nadiem Makarim. Foto : MI/Ramdani.
Nadiem Makarim. Foto : MI/Ramdani.

Tiga Profil Pengusaha yang Dipanggil Jokowi untuk Jadi Menteri

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf
Annisa ayu artanti • 21 Oktober 2019 15:47
Jakarta: Dalam kabinet kerja jilid II Presiden Joko Widodo akan menempatkan orang-orang profesional atau dari kalangan pengusaha untuk menempati posisi menteri. Tiga orang calon menteri yang sudah dipanggil Jokowi hari ini ke Istana Negara hari ini berasal dari kalangan pengusaha yaitu Nadiem Makariem, Erick Thohir, dan Wishnutama.
 
Nadiem Makarim merupakan CEO dan Founder Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand. Lulusan Harvard Business School ini juga pernah bekerja di Mckinsey & Co dengan menjadi konsultan selama tiga tahun.
 
Tak hanya disitu, Nadiem merupakan Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia. Pada 2012, ia memutuskan keluar dari Zalora untuk membangun perusahaan sendiri yaitu Gojek dan Kartuku. Kartuku merupakan sistem pembayaran non-tunai yang diakuisisi Gojek untuk memperkuat GoPay.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengusaha kedua yang dipanggil Jokowi adalah Erick Thohir, Ia merupakan pendiri Mahaka Group yang juga menjadi salah satu calon menteri di kabinet kerja jilid II Jokowi-Maruf Amin.
Sosok Erick dikenal sebagai salah satu konglomerat Indonesia karena memiliki banyak perusahaan khususnya di bidang media, telekomunikasi, rumah produksi, dan olah raga.
 
Selain berbinsis di dalam negeri, Erick juga sempat tercatat mengakuisisi saham mayoritas Inter Milan dan menjadi presiden Inter Milan. Kemudian Ia juga penah menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian games 2018 (INASGOC) yang acaranya terbilang sukses.
 
Ketiga Wishnutama, dia merupakan salah satu pendiri dan komisaris utama Net Mediatama Televisis. Pria lulusan ilmu komunikasi, Mount Ida College Boston, Amerika Serikat ini juga pernah menjadi direktur utama Trans TV, Trans 7 dan Net.
 
Usai kuliah, ia memulai kariernya menjadi production assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Wishnutama juga pernah bersekolah di The Military College of Vermont, Norwich University.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif