Illustrasi. MI/Irfan.
Illustrasi. MI/Irfan.

Nilai Aset Pemerintah di DKI Jakarta Capai Rp1.123 Triliun

Ekonomi dki jakarta
Eko Nordiansyah • 14 Agustus 2019 20:42
Jakarta: Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan aset pemerintah di DKI Jakarta mencapai Rp1.123 triliun. Aset ini terdiri dari tanah dan bangunan di seluruh wilayah ibu kota.
 
Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Encep Sudarwan mengatakan kebanyakan aset tanah berada di Jakarta Timur. Sementara nilai aset yang paling besar berada di Jakarta Pusat.
 
"Nilai Jakarta Pusat terbesar karena terdiri dari bangunan sebanyak 17.834 unit di Jakarta. Dari mulai kantor sampai (stadion) Gelora Bung Karno," kata dia di Kantor DJKN, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan banyak aset pemerintah yang berada di kawasan premium seperti Central Business District (CBD) di Kuningan dan Sudirman. Nilai aset kantor pemerintahan di wilayah tersebut mencapai Rp354 triliun.
 
Meski begitu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata enggan mengaitkan nilai aset di DKI Jakarta dengan rencana pemindahan ibu kota. Apalagi pemerintah belum memastikan persisnya lokasi ibu kota baru.
 
"Ibu kota kami belum bisa jawab, masih nunggu kepastian atau menunggu sampai sekarang belum ada arahan dari Presiden," ungkapnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif