Garuda Indonesia. Foto : MI/Angga Yuniar.
Garuda Indonesia. Foto : MI/Angga Yuniar.

Direksi Baru Garuda Diyakini Bangkitkan Sektor Pariwisata

Ekonomi pariwisata Garuda Indonesia
Ilham wibowo • 23 Januari 2020 15:45
Jakarta: Perombakan jajaran komisaris dan direksi di PT Garuda Indonesia (Persero) diyakini bakal membangkitkan sektor pariwisata di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari pemilihan sosok yang sangat profesional dan mengerti masalah industri.
 
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengatakan pihaknya optimistis bakal ada perubahan signifikan di maskapai penerbangan BUMN tersebut. Kehadiran Garuda Indonesia dinilai sangat penting dalam menghubungkan destinasi wisata unggulan di Tanah Air.
 
"Support pariwisata akan lebih baik," kata Haryadi ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masukan pelaku pasar juga diyakni bakal lebih banyak diakomodasi direksi Garuda Indonesia baru. Menurut Haryadi, ia mengenal dekat sosok wakil direktur utama Garuda Indonesia yang kini diisi Dony Oskaria.
 
"Karena salah satu rekan kami Pak Dony itu juga berkecimpung di pariwisata cukup lama, teman saya di Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN)," ungkap Ketua Umum Apindo ini.
 
Dalam perjalanan karir sebelumnya, Dony Oskaria tercatat pernah diminta Presiden Jokowi menjadi anggota Dewan Penasihat Presiden Bidang Ekonomi dan Industri di KEIN pada 2016. Dony menjalankan amanat Ketua Kelompok Kerja bagi industri pariwisata dengan tanggung jawab mengembangkan industri pariwisata Indonesia.
 
"Akan membawa pengalaman dia (Dony) selama ini berkecimpung di pariwisata dan platform Garuda seperti apa," tutur Haryadi.
 
Sebelumnya, penetapan komisaris dan direksi Garuda Indonesia ini menyusul pemberhentian lima direksi emiten bursa berkode GIAA itu dalam kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda brompton di pesawat baru Garuda Airbus A330-900 NEO.
 
Adapun lima direktur yang diberhentikan antara lain Direktur Utama Ari Askhara, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar, dan Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa. Sementara itu, Fuad Rizal sebagai Direktur Keuangan Garuda dipercaya sebagai pelaksana tugas direktur utama perseroan.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif