Pelantikan pejabat di lingkungan LPDB-KUMKM. (Foto: Dok. Istimewa)
Pelantikan pejabat di lingkungan LPDB-KUMKM. (Foto: Dok. Istimewa)

LPDB Berharap Momentum Perubahan untuk Menghadapi Tantangan 2020

Ekonomi umkm koperasi
Medcom • 22 Januari 2020 05:59
Jakarta: Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) berharap momentum perubahan bisa dimanfaatkan untuk menghadapi tantangan di 2020.
 
Momentum perubahan dan re-charge energi ini dilakukan melalui pelantikan Kepala Satuan Pemeriksaan Intern (SPI) dan Kepala Bagian di lingkungan LPDB-KUMKM. Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo menyebutkan, pelantikan ini sebagai upaya mewujudkan kualitas layanan yang handal, akuntabel dan transparan.
 
"Untuk bulan ini kita masih proses kepada koperasi dan sektor simpan pinjam. Sekiranya Februari akhir baru kita bisa lakukan akad. Kurang lebih ada 15 koperasi yang inbound, artinya masuk secara natural sebelum 7 Januari yang kemudian diputuskan langsung LPDB penyaluran khusus kepada koperasi," kata dia dalam keterangan di Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


LPDB-KUMKM sebagai satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan di tahun 2020 dapat menyalurkan pinjaman/pembiayaan sebesar Rp1,85 triliun dengan target penerima dana bergulir baik langsung ataupun tidak langsung sebesar 10 ribu penerima dana bergulir.
 
Melalui acara ini, diharapkan seluruh pejabat dan staf LPDB mampu berkontribusi dan menorehkan prestasi yang lebih baik lagi dari tahun 2019, yakni melebihi target penyaluran pinjaman/pembiayaan yang ditetapkan tahun 2019 sebesar Rp1,72 triliun.
 
Pemimpin-pemimpin baru di lingkungan LPDB-KUMKM menjadi pionir dalam meningkatkan kerjasama tim, bekerja tangkas, cepat dan tepat, analitis, kreatif, dan inovatif. Dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, pemimpin dituntut untuk aktif dan dinamis, mampu bekerja sama baik dalam tim maupun dengan unit yang berbeda-beda.
 
Melalui EPICS yakni Excellence, Professionalism, Integrity, Customer Focus, Synergy yang merupakan lima budaya kerja yang diterapkan di lingkungan LPDB-KUMKM. Poin-poin yang termasuk hal tersebut, antara lain berjuang mencapai keunggulan menuju kesempurnaan dengan melakukan upaya perbaikan di segala bidang (excellence), bekerja dengan tekun dan akurat sesuai dengan kompetensi serta mampu bekerja dengan sungguh-sungguh secara maksimal dan mandiri (professionalism), keteguhan dalam menjunjung tinggi etika, kejujuran, kebijakan, serta peraturan lembaga yang tercermin dalam ucapan dan tindakan (integrity).
 
Selain itu, seluruh jajaran Direksi dan staf LPDB-KUMKM diharapkan peka dan proaktif terhadap pemenuhan kebutuhan mitra/calon mitra dengan memberikan pelayanan terbaik, informatif, dan membina hubungan jangka panjang untuk mengembangkan pertumbuhan positif, saling menguntungkan dan seimbang (customer focus), serta membangun dan memastikan hubungan kerjasama yang proaktif, produktif, harmonis dengan kepedulian terhadap stakeholder guna mencapai visi dan misi lembaga (synergy).
 
LPDB-KUMKM menjalankan fungsi dan tugas utamanya dalam menyalurkan dana bergulir ke koperasi di seluruh Indonesia, memiliki visi yakni menjadi Lembaga layanan pinjaman/pembiayaan inklusif dan unggul bagi koperasi dalam pengambangan UMK. Ke depan, di harapkan melalui pembiayaan LPDB-KUMKM, mampu terwujud koperasi modern yang berorientasi ekspor dan bersubstitusi impor, melahirkan entrepreuner baru, serta UMKM naik kelas.
 

(EKO)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif