Menaker Hanif Dhakiri. (Foto: MI/Panca Syurkani)
Menaker Hanif Dhakiri. (Foto: MI/Panca Syurkani)

Menaker Usul Ada Jaminan Kehilangan Pekerjaan di BPJS

Ekonomi tenaga kerja bpjs ketenagakerjaan kemenaker
Marcheilla Ariesta • 08 September 2019 06:38
Balikpapan: Kementerian Tenaga Kerja mengusulkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk menambah dua jaminan sosial baru, salah satunya jaminan kehilangan pekerjaan. Gunanya untuk membantu masyarakat bertahan hingga mendapat pekerjaan baru.
 
"Kami mengusulkan agar selain Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua, ada juga Jaminan Kehilangan Pekerjaan dan Jaminan Pelatihan serta Sertifikasi," kata Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhaikiri, dilansir dari Antara, Minggu, 8 September 2019.
 
Menurut dia, Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) itu akan menjadi bantalan sosial bila pekerja kehilangan pekerjaannya, dan membantu yang bersangkutan bertahan hingga dia mendapat pekerjaan baru atau memutuskan menjadi wirausaha. Demikian pula dengan Jaminan Pelatihan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bisa diberikan misalnya saat yang bersangkutan perlu peningkatan keahlian untuk mendapat pekerjaan baru atau berwirausaha," imbuhnya.
 
Dengan jaminan ini diharapkan kualitas hidup pekerja tidak menurun. Meski demikian, usulan ini dapat mengubah Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional Nomor 40 Tahun 2004, atau juga UU Nomor 24 Tahun 2011.
 
Hanif menambahkan, jika usulannya ditanggapi positif, baru nanti diupayakan merevisi UU yang diperlukan untuk mengakomodasi kedua jaminan baru.
 
BPJS Ketenagakerjaan hingga kini beranggotakan tak kurang dari 50,5 juta pekerja. Angka ini belum separuh dari jumlah pekerja yang mencapai 120 juta.
 
Dari jumlah peserta, sebanyak 30,9 juta yang terdaftar aktif.
 
Di 2019 ini, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan akan menambah peserta baru hingga 21 juta. Mereka akan menggandeng berbagai pihak untuk mewujudkannya.
 

(EKO)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif