Illustrasi. MI/Iskandar.
Illustrasi. MI/Iskandar.

Tiga Langkah Strategis Jaga Inflasi 2019

Ekonomi inflasi ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 29 Januari 2019 20:50
Jakarta: Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menyepakati tiga langkah strategis untuk menjaga agar inflasi 2019 sesuai dengan target. Tahun ini inflasi ditargetkan berada pada level 3,5 plus minus satu persen.
 
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman mengatakan, langkah pertama adalah menjaga inflasi dalam kisaran sasaran yang ditopang pengendalian inflasi volatile food maksimal di kisaran empat sampai lima persen.
 
"Strategi ini dilakukan melalui empat kebijakan utama (4K) terkait Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesuai dengan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Nasional 2019-2021, kebijakan ditempuh dengan memberikan prioritas kepada ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi. Upaya ini didukung oleh ekosistem yang lebih kondusif serta ketersediaan data yang akurat.
 
"Kedua, memperkuat pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Nasional 2019-2021 dengan menempuh pula pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi di tingkat Provinsi," jelas dia.
 
Ketiga memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian inflasi melalui penyelenggaraan Rakornas Pengendalian Inflasi dengan tema 'Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif'.
 
"Rakornas selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Rakorpusda Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)," pungkasnya.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif