ASABRI. Foto : ASABRI.
ASABRI. Foto : ASABRI.

ASABRI: Benny Tjokro dan Heru Bakal Bayar Utang Rp10,9 Triliun

Ekonomi bumn ASABRI
Annisa ayu artanti • 29 Januari 2020 14:18
Jakarta: Benny Tjokrosaputra dan Heru Hidayat akan membayar utang investasi sebesar Rp10,9 triliun kepada PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau ASABRI.
Hal itu dikatakan Direktur Utama ASABRI Sonny Wijaja karena kedua orang itu telah berkomitemen menyanggupi dan telah meneken sebuah berkas.
 
"Akhirnya mereka komitmen, beliau sudah tanda tangan notariat, potensi kembali kalau saya gabung dua orang, dua orang kurang lebih akan ketemu Rp10,9 triliun," kata Sonny di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.
 
Sonny menjelaskan pengembalian utang investasi itu merupakan tanggung jawab mereka karena dana ASABRI yang diinvestasikan itu merupakan dana milik prajurit TBK/Polri/Kementerian Pertahanan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tanggung jawab beliau (Bentjok dan Heru) sudah kita minta karena pertengahan 2019 ketika sahamnya semakin menurun, tidak perubahan, tidak ada recovery yang bersangkutan kita panggil, kita minta pertanggung jawaban," ucapnya.
 
Aset ASABRI terus mengalami penurunan. Total aset yang berasal dari pengelolaan program Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) pada 2018 lalu sebesar Rp19,4 triliun. Namun dalam laporan keuangan 2019 unaudited, aset tersebut terus mengalami penurunan hingga 2019 sebesar Rp10,6 triliun.
 
Lalu aset yang berasal dari Akumulasi Iuran Pensiun (IUP) juga mengalami penurunan dari 2018 sebesar Rp26,9 triliun menjadi Rp18,9 triliun (unaudited). Penurunan nilai aset tersebut terjadi karena penurunan nilai investasi yang dilakukan di perusahaan milik Benny Tjokrosaputro yaitu PT Hanson International Tbk.
 
"Ini terjadi karena penurunan nilai saham dan reksa dana. Dan yang menonjol adalah saham dan reksa dana," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif