Pascagempa Palu

Perbankan Palu Sudah Beraktivitas Kembali

Surya Perkasa 08 Oktober 2018 16:56 WIB
Gempa Donggala
Perbankan Palu Sudah Beraktivitas Kembali
Bank BNI Cabang Palu Beroperasi Penuh. Medcom/Surya Perkasa.
Palu: Bisnis perbankan di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, pascagempa 7,4 Skala Richter (SR) sudah kembali normal. Pelayanan perbankan berjalan hampir maksimal walau sejumlah gedung bank terdampak gempa.

Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan salah satu perbankan yang beroperasi normal. "Walaupun (terdampak) kami sudah operasional sejak Senin pekan lalu (1 Oktober 2018) dan sistemnya sudah online," kata Pemimpin Cabang BNI Palu Amiruddin, Senin, 8 Oktober 2018.

Sebanyak tujuh dari dari sembilan kantor pelayanan (outlet) BNI sudah beroperasi penuh. Dua kantor, masing-masing di Sigi dan Universitas Tadulako, tidak bisa beroperasi. BNI tengah mengumpulkan data aset-aset mereka yang terdampak untuk segera ditangani.

BNI mengerahkan kekuatan penuh untuk pelayanan. Mereka bahkan mendatangkan staf dari daerah sekitar atau kantor wilayah untuk menyokong kebutuhan warga.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) wilayah Palu, Sigi dan Donggal juga sudah bisa beroperasi sejak Senin lalu. Elektronik channel bank sudah online dan diikuti layanan terbatas e-bus.

"Selama seminggu kita lakukan recovery seluruh unit kerja," kata Pemimpin Cabang Bank BRI Palu Wahib Gunadi.

BRI sudah mengaktifkan 35 kantor pelayanan. Seluruh kantor pelayanan sudah pulih dan bisa bertransaksi penuh.

Wahib menyebut tiga kantor pelayanan mereka di yakni di Sigi, Bumi Nyiur, dan Kulawi diidentifikasi rusak berat. Namun, kantor tetap dioperasikan dengan menggunakan teras keliling.

"Untuk ATM, sekitar 70 persen atau 60 ATM online," kata dia.

Sementara itu, Bank Mega baru hari ini bisa beroperasi penuh. Mereka sudah membuka pelayanan dengan standar prosedur bagi masyarakat terdampak.

"Kita tahu beberapa masyarakat itu uang di dompetnya hilang, minimal kita layani masyarakat terdampak bencana lalu beberapa membayar kartu kredit. Kemudian layanan perbankan lainnya," kata Area Manager Outregion Bank Mega Makassar Syahadat Dahlan.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id