Tokopedia Fokus Populerkan Pelaku UMKM
Tokopedia (MI/Adam Dwi).
Jakarta: Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyumbang 60 persen ke dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Melihat fakta itu, Tokopedia berencana meningkatkan strategi agar UMKM yang tergabung dalam perusahaan startup itu semakin terekspos.

"Dari empat juta penjual kita, 70 persennya pelaku UMKM. Kita juga punya 78 juta sampai 80 juta visitors. Nah sekarang kita sedang pikirkan bagaimana visitornya semakin bertambah, agar UMKM kita semakin terekspos," ujar Vice President of Marketing Tokopedia Andi Djoewarsa di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Usaha yang telah dilakukan Tokopedia salah satunya memberi akses permodalan. "Enggak harus selalu dalam bentuk uang ya, bisa kemudahan izin usaha, peningkatan skill, mempromosikan integrated marketing seperti apa, dan akses ke pasar kita fokuskan untuk ekspor. Kita juga selalu survei penerimaan masyarakat dan global seperti apa," tambahnya.

Bagaimana pun, kata Andi, kebijakan dan regulasi dari pemerintah menjadi faktor penting untuk menggerakan sektor UMKM. "Saya lihat di pemerintahan Jokowi ini sudah memudahkan UMKM, dilihat dari kemudahan pajak, pemberian subsidi pinjaman, dan subsidi biaya ekspor," pungkasnya.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id