Pelabuhan Kuala Tanjung akan Kirim 600 Kontainer Barang Ekspor/Minggu

Nia Deviyana 19 November 2018 23:20 WIB
pelabuhanekspor-impor
Pelabuhan Kuala Tanjung akan Kirim 600 Kontainer Barang Ekspor/Minggu
Illustrasi. MI/MOHAMAD IRFAN.
Jakarta: PT Pelindo I menargetkan ekspor barang melalui Pelabuhan Kuala Tanjung bisa mencapai 600 kontainer per minggu. Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan pihaknya tengah bernegosiasi dengan tiga pabrik besar yang akan mengirim barangnya lewat pelabuhan yang berada di Sumatera Utara itu.

"Kita sedang proses negosiasi dengan tiga pabrik yang berdekatan dengan pelabuhan Kuala Tanjung. Ada Unilever, sudah commit 400 kargo, kemudian Wilmar sedang negosiasi sekitar 200 kargo, kemudian dari pabrik rokok kita harapkan 50-100 kargo," papar Bambang di Hotel Borobudur Jakarta, Senin, 19 November 2018.

Adapun barang ekspor akan dikirim ke negara Asia Utara. Dia mengharapkan minimal ekspor dari Kuala Tanjung sekitar 500-600 kontainer per minggu.

Bambang mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan dan Bea Cukai. "Jadi tinggal pematangan pelaksanaan saja," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelindo I baru saja menandatangani pembiayaan investasi sebesar Rp1,3 triliun dari tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), antara lain Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Penandatanganan fasilitas kredit sindikasi  berjangka waktu tujuh tahun ini akan digunakan Pelindo I untuk membeli alat-alat dan penguatan dermaga di sejumlah pelabuhan utama di Indonesia bagian barat, antara lain Pelabuhan Belawan, dermaga petikemas di Pelabuhan Perawang Pekanbaru, perpanjangan dermaga di Pelabuhan Dumai, pembangunan dermaga di Pelabuhan Sei Kolak Kijang Tanjung Pinang, dan penataan pelabuhan Malahayati.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id