Jasa Marga (Dokumentasi Setkab).
Jasa Marga (Dokumentasi Setkab).

Kendala Jasa Marga Belum Rumuskan Tarif Tol Trans Jawa

Ekonomi jasa marga
Nia Deviyana • 15 April 2019 19:13
Jakarta: PT Jasa Marga Tbk mengakui belum menemukan formula yang tepat untuk menentukan besaran tarif baru tol Trans Jawa.
 
Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menjelaskan dibutuhkan data historis untuk bisa mengetahui besaran tarif ideal tol yang diresmikan pada Desember 2018 itu.
 
"Untuk mengkaji harus ada data historis. Sedangkan ini baru beroperasi dua bulan. Belum lagi nanti ketemu mudik, jadi belum ada data yang stabil," ujar Desi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 15 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk sementara emiten berkode JSMR tersebut masih memberlakukan potongan harga 15 persen kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam di Klaster I, II, III, dan Klaster IV (barrier to barrier). Untuk menentukkan diskon tersebut saja, kata Desi, pihaknya membutuhkan beberapa pertimbangan.
 
"Kita periksa bagaimana traffic-nya, karena yang diinginkan itu kan capping (pembatasan) tarif. Jadi baiknya jarak berapa (kilometer) orang enggak perlu bayar, dan jarak berapa (kilometer) orang harus bayar," imbuhnya.
 
Sebagai informasi diskon pada jalur pada Klaster I pada titik Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan, dan Klaster II mulai dari Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.
 
Sementara diskon pada Klaster III hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Banyu Manik dan keluar di GT Waru Gunung, dan sebaliknya. Klaster III mulai dari Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto dan Mojokerto-Surabaya.
 
Diskon itu juga berlaku pada Klaster IV yang masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Gratis dan sebaliknya, yakni mulai Surabaya-Gempol Segmen Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.
 
Diskon tarif tidak diberlakukan di Jalan Tol Merak-Jakarta, Jalan Tol Trans Jawa Klaster I, Jalan Tol Semarang ABC, dan Jalan Tol Surabaya-Gempol (Dupak-Porong).
 
Diskon tarif tol khusus berlaku bagi pengguna jalan dengan saldo uang elektronik cukup, tidak berlaku untuk pengguna jalan dengan saldo uang elektronik yang kurang saldo serta juga tidak berlaku untuk uang elektronik yang tidak dapat dibacakan.
 
Selain Jalan Tol Porong-Gempol, Jalan Tol Ngawi-Kertosono, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan, tarif tol juga diberlakukan di tiga ruas tol lainnya di Jawa Tengah, yakni Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Tol Semarang-Solo.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif