Kru darat mempersiapkan penerbangan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: MI/Panca Syurkani.
Kru darat mempersiapkan penerbangan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: MI/Panca Syurkani.

Garuda Mulai Terbang dari Halim Mulai Januari 2019

Ekonomi garuda indonesia
Annisa ayu artanti • 12 Desember 2018 06:57
Tangerang: Maskapai Garuda Indonesia akan terbang dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma mulai 15 Januari 2019. Perpindahan tersebut karena maskapai Citilink Indonesia akan dipusatkan di terminal khusus penerbangan berbiaya murah (LCC), yaitu di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Tanggal 15 Januari masuk Halim, rute masih sama seperti Citilink," kata Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra seperti dikutip Antara, Selasa, 11 Desember 2018.

Ari, sapaannya, mengatakan rute-rute yang akan diterbangkan dari Halim adalah rute-rute pendek, seperti Jakarta-Solo atau Jakarta-Yogyakarta. Hal tersebut akan diterapkan mengingat keterbatasan kapasitas di Bandara Halim Perdanakusuma.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Artinya kalau kami operasikan rute seperti ke Makassar kalau delay akan sangat panjang  karena waktu terbangnya sendiri dua jam," katanya. Lebih lanjut, kata Ari, maskapai pelat merah itu juga akan berkoordinasi dengan Batik Air yang lebih dahulu beroperasi dari Bandara Halim Perdanakusuma untuk mengurangi penerbangan.

"Saya akan bicara dengan Batik untuk mengurangi penerbangan karena sudah sangat padat. Saya concern dengan keselamatan selama ini kalau terlalu dipaksanakan, jangan terlalu penuh juga," ujar dia.

Terkait perizinan, Ari mengatakan pihaknya sudah berbicara kepada Kepala Staf Angkatan Udara karena banyak digunakan juga untuk penerbangan VIP.
 
"Banyak VIP, pebisnis, CEO yang lewat sana karena lokasinya sangat dekat dengan Jakarta, rata-rata segmen pasarnya memang kalangan menengah atas," imbuh dia.

Garuda Indonesia akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-New Generation untuk penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma."Karena dilarang untuk pakai Airbus dari sana," tukas dia.


(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi